uwow

total visitor

SIP

SIP


selamat datang di my blogger candra-cahaya.blogspot.com
^_^ selamat membaca ^_^ selamat meliat ^_^

foto fresh

foto fresh
^_^ selamat datang ^_^


Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese
English French German Spain Italian Dutch

MENGENAL PENSIL DAN ISINYA

Pensil adalah salah satu alat tulis yang sudah sangat umum. Kamu juga tentu pernah menggunakannya sejak Sekolah Dasar. Mungkin saat ini pun kamu masih sering menggunakannya untuk mengerjakan ujian dengan Lembar Jawab Komputer (LJK). Kamu yang kuliah di jurusan seni rupa atau teknik juga masih sering menggunakannya untuk menggambar.
Sebenarnya apa sih isi pensil itu? Isi pensil terbuat dari grafit. Grafit merupakan mineral karbon berwarna hitam mengkilap. Grafit ini mudah hancur menjadi serpihan. Inilah yang sebenarnya terjadi saat kita menulis. Pada saat kita menggoreskan pensil ke kertas, sebagian kecil isi pensil akan hancur menjadi serpihan. Serpihan-serpihan itu kemudian tertinggal di kertas dan membentuk goresan pensil sesuai dengan gerakan pensil itu sendiri. Sebenarnya serpihan grafit kurang bagus untuk goresan yang tajam dan rapi. Oleh karena itu dalam isi pensil juga dicampurkan tanah liat dan lilin sebagai bahan pengikat.
Ngomong-ngomong, apakah kode pensil yang kita kenal selama ini merupakan kode untuk isi pensilnya? Ya, memang kode tersebut menandakan kekerasan isi pensil dan ketebalan hasil goresan pensil. Kode H menandakan kekerasan dari isi pensil tersebut. Semakin besar angka di depan kode H, semakin keras isi pensil itu. Sementara itu, kode B menandakan ketebalan hasil goresan pensil. Semakin besar angka di depan kode B, semakin tebal hasil goresannya. Ketebalan hasil goresan pensil ini ternyata berkebalikan dengan kekerasan isi pensil. Hal ini disebabkan semakin keras isi pensil, semakin sedikit serpihan grafit yang dihasilkan dalam sekali goresan, sehingga hasil goresannya menjadi semakin tipis.