uwow

total visitor

SIP

SIP


selamat datang di my blogger candra-cahaya.blogspot.com
^_^ selamat membaca ^_^ selamat meliat ^_^

foto fresh

foto fresh
^_^ selamat datang ^_^


Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese
English French German Spain Italian Dutch

SEJARAH MASJID ISTIQLAL

 Pada tahun 1953 beberapa ulama mencetuskan ide untuk mendirikan masjid megah yang akan menjadi kebanggaan warga Jakarta sebagai ibukota dan juga rakyat Indonesia secara keseluruhan. Mereka adalah KH. Wahid Hasyim, Menteri Agama RI pertama, yang melontarkan ide pembangunan masjid itu bersama-sama dengan H. Agus Salim, Anwar Tjokroaminoto dan Ir. Sofwan beserta sekitar 200-an orang tokoh Islam pimpinan KH. Taufiqorrahman. Ide itu kemudian diwujudkan dengan membentuk Yayasan Masjid Istiqlal.
Pada tanggal 7 Desember 1954 didirikan yayasan Masjid Istiqlal yang diketuai oleh H. Tjokroaminoto untuk mewujudkan ide pembangunan masjid nasional tersebut. Gedung Deca Park di Lapangan Merdeka (kini Jalan Medan Merdeka Utara di Taman Museum Nasional), menjadi saksi bisu atas dibentuknya Yayasan Masjid Istiqlal. Nama Istiqlal diambil dari bahasa Arab yang berarti Merdeka sebagai simbol dari rasa syukur bangsa Indonesia atas kemerdekaan yang diberikan oleh Allah SAW. Presiden pertama RI Soekarno menyambut baik ide tersebut dan mendukung berdirinya yayasan masjid Istiqlal dan kemudian membentuk Panitia Pembangunan Masjid Istiqlal (PPMI).
Penentuan Lokasi Masjid Istiqlal
Penentuan lokasi masjid sempat menimbulkan perdebatan antara Bung Karno dan Bung Hatta yang pada saat itu menjabat sebagai Wakil Presiden RI. Bung Karno mengusulkan lokasi di atas bekas benteng Belanda Frederick Hendrik dengan Taman Wilhelmina yang dibangun oleh Gubernur Jenderal Van Den Bosch pada tahun 1834 yang terletak di antara Jalan Perwira, Jalan Lapangan Banteng, Jalan Katedral dan Jalan Veteran. Sementara Bung Hatta mengusulkan lokasi pembangunan masjid terletak di tengah-tengah umatnya yaitu di Jalan Thamrin yang pada saat itu disekitarnya banyak dikelilingi kampung, selain itu ia juga menganggap pembongkaran benteng Belanda tersebut akan memakan dana yang tidak sedikit. Namun akhirnya Presiden Soekarno memutuskan untuk membangun di lahan bekas benteng Belanda, karena di seberangnya telah berdiri gereja Kathedral dengan tujuan untuk memperlihatkan kerukunan dan keharmonisan kehidupan beragama di Indonesia.
Sayembara Desain Masjid Istiqlal
Setahun sebelumnya, Ir. Soekarno menyanggupi untuk membantu pembangunan masjid, bahkan memimpin sendiri penjurian sayembara desain maket masjid. Setelah melalui beberapa kali sidang, di Istana Negara dan Istana Bogor, dewan juri yang terdiri dari Prof.Ir. Rooseno, Ir.H. Djuanda, Prof.Ir. Suwardi, Hamka, H. Abubakar Aceh, dan Oemar Husein Amin.
 
Pada tahun 1955 Panitia Pembangunan Masjid Istiqlal mengadakan sayembara rancangan gambar atau arsitektur masjid Istiqlal yang jurinya diketuai oleh Presiden Soekarno dengan hadiah berupa uang sebesar Rp. 75.000; serta emas murni seberat 75 gram. Sebanyak 27 peserta mengikuti sayembara, namun dari seluruh peserta hanya 5 peserta yang memenuhi syarat:
  • F. Silaban dengan rancangannya “Ketuhanan”
  • R. Oetoyo dengan rancangannya “Istighfar”
  • Hans Groenewegen dengan rancangannya “Salam”
  • Mahasiswa ITB (5 orang) rancangannya “Ilham 5”
  • Mahasiswa ITB (3 orang) rancangannya “Chatulistiwa”
 
Setelah proses penjurian yang panjang dengan mempelajari rancangan arsitektur beserta makna yang terkandung didalamnya berdasarkan gagasan para peserta maka akhirnya pada 5 Juli 1955 atas perintah Presiden Soekarno memutuskan desain rancangan dengan judul “Ketuhanan” karya Frederich Silaban dipilih sebagai pemenang sebagai model dari Masjid Istiqlal.
 
Sang Arsitek Masjid Beragama Kristen
Frederich Silaban adalah seorang arsitek beragama Kristen kelahiran Bonandolok Sumatera, 16 Desember 1912, anak dari pasangan suami istri Jonas Silaban Nariaboru. Ia adalah salah satu lulusan terbaik dariAcademie van Bouwkunst Amsterdam tahun 1950. selain membuat desain masjid Istiqlal ia juga merancang kompleks Gelanggang Olahraga Senayan.
 
Untuk menyempurnakan rancangan masjid Istiqlal F. Silaban mempelajari tata cara dan aturan orang muslim melaksanakan shalat dan berdoa selama kurang lebih 3 bulan dan selain itu ia juga mempelajari banyak pustaka mengenai masjid-masjid di dunia.
 
Awal Pembangunan Masjid Istiqlal
Pada sekitar tahun 1950 hingga akhir tahun 1960-an Taman Wilhelmina di depan Lapangan Banteng dikenal sepi, gelap, kotor dan tak terurus. Tembok-tembok bekas bangunan benteng Frederik Hendrik di taman dipenuhi lumut dan rumput ilalang dimana-mana. Kemudian tahun 1960, di tempat yang sama, ribuan orang yang berasal dari berbagai kalangan masyarakat biasa, pegawai negeri, swasta, alim ulama dan ABRI bekerja bakti membersihkan taman tak terurus di bekas benteng penjajah itu.
 
Setahun kemudian, tepatnya 24 Agustus 1961, masih dalam bulan yang sama perayaan kemerdekaan RI, menjadi tanggal yang paling bersejarah bagi umat muslimin di Jakarta khususnya, dan Indonesia umumnya. Untuk pertama kalinya, di bekas taman itu, kota Jakarta memiliki sebuah masjid besar. Sebuah masjid yang dimaksudkan sebagai simbol kemerdekaan bagi bangsa Indonesia. Padanan katanya dalam bahasa Arab berarti merdeka dan disepakati diberi nama Istiqlal sehingga jadilah, Masjid Istiqlal namanya.
 
Tanggal yang bertepatan dengan peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW itu, dipilih sebagai momen pemancangan tiang pertama oleh Presiden pertama RI, Ir. Soekarno yang ketika itu langsung bertindak sebagai Kepala Bidang Teknik.
 
Proses Panjang Pembangunan Masjid Istiqlal
Seiring dengan iklim politik dalam negeri yang cukup memanas, proyek ambisius itu tersendat-sendat pembangunannya, karena berbarengan dengan pembangunan monumen lain seperti Gelora Senayan, Monumen Nasional, dan berbagai proyek mercu suar lainnya. Hingga pertengahan tahun ’60-an proyek Masjid Istiqlal terganggu penyelesaiannya. Puncaknya ketika meletus peristiwa G 30 S/PKI tahun ’65-’66, pembangunan Masjid Istiqlal bahkan terhenti sama sekali.
 
Barulah ketika Himpunan Seniman Budayawan Islam memperingati miladnya yang ke-20, sejumlah tokoh, ulama dan pejabat negara tergugah untuk melanjutkan pembangunan Masjid Istiqlal. Dipelopori oleh Menteri Agama KH. M. Dahlan upaya penggalangan dana mewujudkan fisik masjid digencarkan kembali. Presiden Soekarno, yang pamornya di mata masyarakat mulai luntur, kedudukannya dalam kepengurusan diganti oleh KH. Idham Chalied yang bertindak sebagai koordinator panitia nasional Masjid Istiqlal yang baru. Lewat kepengurusan yang baru, masjid dengan arsitektur bergaya modern itu selesai juga pembangunannya.
 
Semula pembangunan masjid direncanakn akan memakan waktu selama 45 tahun namun dalam pelaksanaannya ternyata jauh lebih cepat. Bangunan utama dapat selesai dalam waktu 6 tahun tepatnya pada tanggal 31 Agustus 1967 sudah dapat digunakan yang ditandai dengan berkumandangnya adzan Maghrib yang pertama.
Secara keseluruhan pembangunan masjid Istiqlal diselesaikan dalam kurun waktu 17 tahun. Peresmiannya dilakukan oleh presiden Soeharto pada tanggal 22 Februari 1978. Kurun waktu pembangunannya telah melewati dua periode masa kepemimpinan yaitu Orde Lama dan Orde Baru. Pendanaan pembangunan masjid ini pada masa Orde Lama direalisasikan melalui proyek Mandataris sementara pada masa Orde Baru menjadi bagian dari Proyek RePelita (Rencana Pembagunan Lima Tahun). Kini masjid Istiqlal berdiri megah di Ibukota Jakarta dan menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Indonesia

IKAN PIRANHA

Apa sih yang membuat ikan piranha sangat dikatuki?

Siapa yang tidak kenal dengan ikan piranha? Ikan jenis ini memang sangat terkenal sebagai ikan yang ganas. Salah satu jenis ikan predator ini memang cukup ditakuti karena keganasannya itu. Di beberapa film dan cerita fiksi, ikan ini memang banyak diangkat sebagai hewan yang ganas. Bahkan sampai sempat dibuat film khusus tentang piranha.
Tapi apa sih yang membuat piranha sangat ditakuti? Selain karena piranha memang salah satu jenis predator, piranha juga memiliki susunan gigi yang sangat tajam. Gigi-gigi piranha ini berbentuk segitiga yang ujungnya sangat runcing. Posisi gigi di rahang atas dan rahang bawah pun sangat sesuai sehingga ketika mulutnya menutup, gigi-gigi piranha tersebut mengunci dengan sempurna. Inilah yang membuat piranha sangat mudah untuk menggigit dan mengunyah mangsanya. Seram juga ya.
Piranha juga memiliki penciuman yang tajam. Ia dapat mendeteksi adanya daging yang dapat dimakan bahkan di air yang keruh sekalipun. Biasanya, piranha memakan hewan yang lebih kecil darinya, misalnya siput atau ikan-ikan kecil. Berbagai hewan yang mereka makan adalah hewan yang sudah tenggelam di lautan. Tetapi, memang tidak jarang mereka memangsa hewan-hewan besar, termasuk juga manusia. Bahkan, apabila tidak ada sumber makanan lain, mereka juga bisa memangsa kawannya sendiri! Hiii, serem ya!
Tetapi, ternyata piranha tidak sepenuhnya predator lho. Piranha juga masih mau memakan tumbuh-tumbuhan. Sebagian jenis piranha akan beralih menjadi pemakan buah-buahan ketika masa-masa tertentu. Piranha jenis ini memiliki struktur gigi dan rahang yang lebih sesuai untuk memangsa buah-buahan daripada daging hewan. Namun secara umum, piranha baru mau memakan buah atau tumbuhan saat tidak ada daging.

FUNGSI DURI LANDAK

Terbuat dari apa ya duri landak?
Terbuat dari apa ya duri landak?
Landak merupakan hewan mamalia yang unik. Keunikan tersebut tampak secara fisik berupa duri-duri yang ada di punggungnya. Fungsi duri-duri ini bukan membantu landak untuk menyerang, namun digunakan untuk bertahan dari serangan para pemangsa landak. Jadi, pada saat landak diserang, duri-duri pada punggungnya akan mengembang sehingga membuat pemangsanya tertusuk. Nah, terbuat dari bahan apa sih pembentuk duri landak yang keras dan tajam ini?
Duri-duri ini merupakan modifikasi dari rambut yang terbuat dari protein keratin. Istimewanya, di setiap rambutnya, terdapat poros berongga dan otot tersendiri. Hal inilah yang menyebabkan duri landak dapat muncul saat landak merasa terancam.
Pada saat awal dilahirkan, landak memiliki sekitar 100 duri putih kecil yang muncul. Dalam beberapa jam duri putih kecil ini mengalami pengerasan. Setelah empat atau lima hari, duri-duri ini mulai tergantikan dengan duri keras yang berwarna lebih gelap, namun masih berukuran pendek. Pada akhirnya, sekitar usia dua sampai empat minggu, landak mulai mendapatkan mantel duri akhir yang dewasa. Pada saat itu, landak memiliki 8000 duri yang tumbuh.

SEMEN BISA MEREKAT ATAU NEMPEL

Apa yang membuat semen bisa menempel dengan kuat ke batu bata?
Apa yang membuat semen bisa menempel dengan kuat ke batu bata?
Setiap bangunan tembok tentunya menggunakan semen untuk merekatkannya, baik dari pondasi, tembok, hingga bagian-bagian lain yang menggunakan batu-bata. Semen itu sendiri sebenarnya merupakan gabungan dari dikalsium silikat dan trikalsium silikat, di dalamnya juga terkandung 10% kalsium sulfat dan komponen lain. Lalu, bagaimana cara semen merekatkan batu bata ya?
Sebelum digunakan untuk merekatkan batu bata, biasanya semen dicampur dengan air terlebih dahulu. Pada saat ditambahkan air ini, semen mengalami reaksi membentuk struktur kristal yang sangat rumit. Lalu pada saat mulai digunakan untuk merekatkan, kristal ini akan menembus setiap pori kecil dan setiap galur pada batu bata dan menjadi keras hingga membuat batu bata tersebut kaku pada tempatnya.
Sebenarnya, semen tidak mengering apabila terkena angin atau udara, berbeda dengan kapur yang mudah mengering. Semen lebih mudah mengering di dalam air karena semen melakukan ikatan kimia dengan air. Jadi semen yang mengering pada saat proses perekatan batu bata karena dicampur dengan air bukan karena udara di sekitarnya.
Semen akan mengering sekitar 8 jam dan akan terus menguat sepanjang proses kristalisasi berlangsung. Setelah 3 bulan, semen tentunya akan menjadi lebih kuat dalam mengikat bahkan hingga 5 kali lebih kuat dibandingkan saat semen baru mengalami proses kristalisasi. 

MENGENAL MSG

Benarkah MSG berbahaya bagi tubuh?
Benarkah MSG berbahaya bagi tubuh?
MSG? Rasanya saat ini semua orang sudah familiar dengan istilah tersebut. Bahan yang sering disebut penyedap rasa, vetsin, atau micin itu saat ini sudah banyak digunakan.
Tetapi, seiring dengan popularitasnya yang meningkat sebagai bumbu masakan, banyak pula yang menyebut bahwa MSG berbahaya bagi tubuh.
Hmm sebenarnya apa dan bagaimana sih MSG itu sampai dia bisa menyedapkan makanan sekaligus membahayakan tubuh kita? Eh tunggu, memangnya benar MSG berbahaya?
MSG adalah kepanjangan dari Monosodium Glutamat. Sesuai namanya, MSG ini adalah garam yang terbentuk dari sodium dan asam glutamat. Asam glutamat ini sendiri adalah salah satu asam amino yang paling lazim ditemui dalam berbagai protein.
Glutamat memiliki keunikan sifat, yaitu dapat membuat molekul-molekul dari makanan yang kita makan melekat lebih kuat di lidah. Tentu saja, molekul makanan yang melekat lebih kuat di lidah akan “dibaca” oleh reseptor rasa yang ada di lidah tersebut sebagai rasa yang lebih kuat juga.
Menurut orang Jepang, tingkah si glutamat tersebut memberikan efek rasa yang unik di lidah. Mereka biasa menyebutnya dengan rasa umami. Inilah yang membuat rasa makanan tersebut menjadi lebih kuat dan lebih sedap.
Lalu apakah bahayanya MSG bagi kesehatan? Hmm, sebenarnya masih banyak perdebatan mengenai hal ini. Banyak yang meyakini bahwa MSG menjadi biang keladi dalam penyakitChinese Restaurant Syndrome (CRS), sekumpulan gejala penyakit yang terjadi setelah makan makanan tertentu.
Banyak pula yang meyakini bahwa MSG berbahaya bagi otak dan dapat menyebabkan kanker. Benarkah demikian? Sampai saat ini belum benar-benar terbukti bahwa MSG adalah biang bagi semua penyakit di atas.
Yang jelas, MSG ini aman bagi tubuh manusia bila dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Sialnya, kadar wajar tiap orang itu memang berbeda-beda. Ada beberapa orang yang sensitif terhadap MSG sehingga sedikit kadar MSG saja sudah menyebabkan gangguan kesehatan bagi tubuhnya, namun ada pula yang tidak sensitif.
Jadi memang sebaiknya MSG ini jangan dikonsumsi berlebihan ya, kecuali kamu sudah yakin bahwa tubuhmu tidak sensitif terhadap MSG.

PEMANIS BUATAN AMAN KAH?

Sebenarnya aman atau tidak sih mengonsumsi pemanis buatan? (Foto: getache.com)
Sebenarnya aman atau tidak sih mengonsumsi pemanis buatan? 
Siapa yang tidak kenal dengan pemanis buatan. Rata-rata pemanis buatan memberikan keuntungan tersendiri bagi penderita diabetes karena menawarkan rasa manis yang rendah kalori. Meski demikian, saat ini pemanis buatan juga banyak digunakan untuk berbagai produk makanan.
Tetapi, dibalik keuntungannya yang rendah kalori itu, banyak yang mengatakan bahwa pemanis buatan memiliki efek yang buruk bagi kesehatan. Hmm, jadi bingung nih, sebenarnya pemanis buatan itu aman atau tidak sih?
Sebelum menjawab pertanyaan itu, mari kita kenali dulu apa itu yang disebut pemanis buatan. Dari namanya, sebenarnya sudah jelas bahwa pemanis buatan adalah pemanis yang bukan berasal dari gula alami (sukrosa, glukosa, fruktosa, dll), melainkan dihasilkan dari suatu reaksi kimia tertentu.
Ada banyak jenis dari pemanis buatan ini. Salah satu jenis pemanis buatan ini adalah aspartam, yang dihasilkan dari reaksi dua asam amino, yaitu fenilalanin dan asam aspartat. Jenis lain yang juga umum dikenal antara lain sakarin dan sukralosa.
Rata-rata pemanis buatan tersebut jauh lebih manis dari gula, bisa mencapai 100-200 kali lebih manis dari gula alami.
Kebanyakan pemanis buatan itu juga tidak dimetabolisme oleh tubuh, sehingga tidak menghasilkan kalori. Pengecualian untuk aspartam yang masih dapat dimetabolisme oleh tubuh, sehingga masih menghasilkan kalori dalam jumlah sedikit.
Lalu apakah pemanis buatan ini aman bagi tubuh kita?
Jawaban standar untuk pertanyaan semacam ini adalah, aman selama tidak berlebihan. Pada umumnya, pemanis buatan ini memang hanya diperuntukkan bagi mereka yang membutuhkan diet kalori, misalnya penderita diabetes.
Bagaimana dengan dampak lainnya, seperti dapat menyebabkan kanker dan penyakit lainnya?
Sampai saat ini masih banyak peneliti yang berusaha menemukan jawabannya. Yang jelas, tiap jenis pemanis buatan sudah memiliki takaran aman masing-masing.
Jadi, memang seharusnya pemanis buatan ini tidak dikonsumsi secara berlebihan, apalagi kalau kamu bukan termasuk orang yang butuh diet kalori.

DAFTAR KARBURATOR DESEMBER 2014 KEIHIN&MIKUNI

DAFTAR HARGA KARBURATOR KEIHIN
KEIHIN PE 28 2.000.000
KEIHIN FCR 28 DAYTONA 6.550.000
KEIHIN CR NINJA 250R SET 5.800.000
KEIHIN FCR 33 6.050.000
KEIHIN FCR 35 XR 250R 6.550.000
KEIHIN FCR 41 KTM 620 7.650.000
KEIHIN PJ 34 1.550.000
KEIHIN PWK 33 3.100.000
KEIHIN PWK 35 3.100.000
KEIHIN PWK QAS 35 3.300.000
KEIHIN PWK 36 3.100.000
KEIHIN PWK 38 3.250.000
KEIHIN PWK 39 3.300.000
KEIHIN PWK 41 PRO 3.300.000
KEIHIN PWK 28 SP 1.950.000
KEIHIN PWM 38 3.250.000

KARBURATOR MIKUNI

TM 24 1.450.000
TM 28 1.800.000
TM 31 2.850.000
TM 32.3.050.000
TM 34 3.050.000
TM 36 3.050.000
TM 38 3.050.000
TM 40 3.300.000
MIKUNI PE 24 1.800.000

TM 4 STROKE 31/32 3.050.000
TM PRO 41 3.300.000
TM PRO 2 39 3.050.000
TMX 30 2.850.000
TMX 32 2.850.000
TMX 38 3.550.000
TMX SPEX 35 3.300.000
TMX SPEC 38 3.550.000
VM 16/38 2.050.000

MINUMAN SAAT HAUS JANGAN SEMBARANG

Penting bagi Anda untuk minum lebih banyak cairan agar terhindar dari dehidrasi dan metabolisme tubuh dapat berjalan dengan lancar. Ada beberapa jenis minuman yang perlu Anda hindari untuk meredakan rasa haus akibat dehidrasi.

Seseorang membutuhkan cairan untuk dapat menjalankan fungsi tubuhnya dengan baik. Air adalah unsur kunci dalam darah, getah bening dan keringat, yang juga berfungsi membantu pencernaan, bantal sendi dan jaringan, dan membantu mengatur suhu tubuh.

Bahkan, lebih dari setengah dari berat tubuh manusia hanyalah air. Air juga membantu Anda agar tetap merasa berenergi, sehingga Anda akan merasa lelah atau sakit kepala ketika kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi. Anda juga dapat mengalami sembelit atau bahkan infeksi saluran kemih.

Para ahli juga telah menyatakan bahwa setiap orang perlu minum 8 gelas air sehari. Namun, kebutuhan setiap orang berbeda, tergantung pada usia dan ukuran, tingkat aktivitas dan bahkan cuaca. Yang juga penting adalah seberapa banyak air yang Anda peroleh melalui makanan. Buah-buahan, sayuran, dan sup dapat berkontribusi terhadap tingkat cairan tubuh.

Jangan sembarangan dalam memilih minuman untuk mengatasi dehidrasi. Beberapa minuman mungkin dapat mengatasi rasa haus dengan cepat tetapi juga lebih banyak memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

Seperti dilansir Besthealth, Kamis (14/3/2013) berikut adalah pilihan jenis minuman yang terburuk untuk tetap terhidrasi:

1. Minuman manis
Anda mungkin tidak lagi merasa haus setelah minum minuman manis, seperti sari buah, soda, atau sirup. Tetapi minuman tersebut sarat dengan kalori karena sekitar 355 mililiter cairan manis biasanya mengandung 10 sampai 13 sendok teh gula.

Daripada mengambil minuman manis untuk mengatasi rasa haus, cobalah memberikan tambahan rasa yang alami pada air putih. Misalnya menambahkan perasan air sari lemon atau jeruk nipis ke dalam air putih yang membuat rasanya lebih menarik.

2. Jus buah dan sayuran
Jus buah dan sayuran memang dapat menyegarkan kembali tenggorokan yang kering karena dehidrasi, ditambah dengan manfaat vitamin dan mineral. Tetapi jus juga mungkin menyumbangkan kalori yang berlebihan karena seringkali ditambahkan gula.

Selain itu, jus juga dapat meninggalkan efek buruk bagi kesehatan mulut. Cobalah untuk tidak minum lebih dari secangkir jus buah atau sayuran dalam sehari. Akan lebih baik jika Anda makan buah-buahan tersebut secara utuh, misalnya tomat, semangka dan jeruk yang kaya akan kandungan air dan serat yang penting.

3. Minuman energi
Minuman energi mengandung gula dalam jumlah besar dan tinggi kandungan kafeinnya, yang mungkin menimbulkan risiko kesehatan, terutama untuk anak-anak, remaja dan wanita hamil atau menyusui. Daripada mengusir haus dengan minuman energi, Anda dapat memilih susu sebagai gantinya.

Susu adalah minuman yang menawarkan energi dan 80 persennya berupa cairan yang dilengkapi dengan protein, karbohidrat, sedikit lemak dan masih banyak nutrisi lainnya.

4. Alkohol
Alkohol memang dapat mengobati rasa haus, tetapi bukannya mengusir dehidrasi, alkohol dapat menyebabkan rasa haus setelahnya.

179M TOKEK RAKSASA

Seekor Tokek raksasa seberat 64 kilogram yang ditemukan di perbatasan Nunukan-Malaysia di Kalakbakan, akhirnya terjual dengan harga 64 juta ringgit Malaysia atau setara Rp 179,2 miliar.
Tokek raksasa seberat 64 kg ini akhirnya terjual dengan harga Rp 179,2 miliar. Pembeli adalah orang Indonesia yang kemudian Tokek tersebut dibawa ke China. (sumber Tribun Kaltim)
“Tokeknya sudah dijual dengan harga RM 1 juta per kilogramnya,” (Arbin, pria yang sempat mengabadikan gambar tokek)
Menurut kabar burung, tokek katanya bisa jadi obat HIV/AIDS, tapi enggak jelas bagian organ yang mana. Ada yang bilang darahnya, dagingnya atau lidahnya.

720M HARTA KARUN DI CIREBON

Ribuan potong batu permata, rubi, emas, dan keramik Kerajaan Tiongkok, serta perkakas gelas Kerajaan Persia, senilai lebih kurang Rp 720 miliar, dilelang di Jakarta, Rabu (5/5/2010). Harta karun tersebut ditemukan dari bangkai kapal berusia 1.000 tahun di perairan Cirebon, Jawa Barat.
Luc Heymans, seorang pemburu harta karun bawah laut, mengatakan, itu merupakan temuan terbesar di Asia yang setara dengan temuan harta kapal jenis Galeon Spanyol Atocha yang tenggelam di perairan Florida, Amerika Serikat, tahun 1622, yang menggegerkan dunia. Demikian disebutkan kantor berita AFP, Minggu. Harta karun di perairan Cirebon itu semula ditemukan tersangkut jaring nelayan.
”Temuan ini berasal dari sekitar tahun 976 Masehi. Ketika itu, perdagangan dan pelayaran antara Jazirah Arab-India-Sumatera dan Jawa sangat ramai,” tutur Heymans.
Menurut Heymans, diduga ada pejabat tinggi Kerajaan Tiongkok yang menumpang kapal bermuatan harta karun yang ditemukan itu. Pasalnya, kapal yang belum diketahui namanya itu memuat banyak keramik khusus milik Kerajaan Tiongkok.
Heymans dan tim menyelam sebanyak 22.000 kali untuk mengangkut harta dengan jumlah 11.000 mutiara, 4.000 rubi, 400 safir merah, dan 2.200 batu akik merah. Selain itu, ditemukan pula vas terbesar dari Dinasti Liao (907-1125 Masehi) dan keramik Yue dari era lima dinasti (907-960) dengan warna yang khusus digunakan untuk perkakas kekaisaran. Harta karun itu diangkat dari dasar laut sejak Februari 2004 hingga Oktober 2005.
Pelaksana Tugas Direktur Kelautan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil Sudirman Saad, yang juga Sekretaris Jenderal Panitia Nasional Pengangkatan dan Pemanfaatan Benda Berharga asal Muatan Kapal Tenggelam, yang sedang berada di Ambon, Minggu, mengatakan, pelelangan untuk 271.381 keping benda berharga muatan kapal tenggelam yang diangkat dari perairan Cirebon dilakukan pada tanggal 5 Mei 2010. Pelelangan dilakukan melalui Kantor Piutang Kekayaan Negara dan Lelang Jakarta III dan terbuka untuk pasar internasional.
Koleksi artefak itu berasal dari era lima dinasti Tiongkok yang hanya berkuasa selama 53 tahun, meliputi Dinasti Liang (907-923), Tang (923-936), Jin (936-947), Han (947-951), dan Zhou (951-960). Selain itu, ditemukan juga artefak kerajinan gelas berasal dari Kerajaan Sasanian (Persia) dan Rock Crystal peninggalan Dinasti Fatimiyah (909-1711) yang berpusat di Mesir modern.
Hasil pelelangan benda berharga itu diharapkan mencapai 100 juta dollar AS, dibagi rata antara pemerintah dan perusahaan yang melakukan eksplorasi. Pengangkatan benda berharga muatan kapal tenggelam di Cirebon yang berlangsung sejak Februari 2004 hingga Oktober 2005 itu dilakukan oleh PT Paradigma Putra Sejahtera, bekerja sama dengan Cosmix Underwater Research Ltd, dengan izin Pemerintah Indonesia.
Museum bawah laut
Fenomena penemuan ribuan artefak bawah laut yang menggambarkan jejak kejayaan maritim Indonesia pada masa lampau sudah saatnya mendorong pemerintah untuk mendirikan museum bawah laut serta membangun museum bahari pada lokasi-lokasi eks kerajaan bahari.
Sudirman mengemukakan, sudah saatnya Indonesia memiliki museum artefak bawah laut yang menjadi bukti jejak kejayaan maritim Nusantara pada abad silam. Museum itu tidak hanya menampilkan nilai sejarah kapal beserta isinya, tetapi juga kemajuan budaya kerajaan-kerajaan di Nusantara.
”Museum itu bisa menggambarkan nilai sejarah kapal beserta peninggalannya, kerajaan Indonesia, atau negara lain yang pernah bermitra dengan kerajaan kita pada masa lampau,” ujarnya.
Kendati demikian, ujar Sudirman, keinginan itu terbentur kapasitas negara yang tidak memadai, baik sumber daya manusia maupun pembiayaan. Oleh karena itu, pemerintah perlu membuka diri terhadap Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) guna membicarakan kemungkinan pembangunan museum bawah laut, kriteria lokasi, pemeliharaan, dan pengawasannya.
Dari potensi ratusan titik benda berharga muatan kapal tenggelam di perairan Indonesia, perlu diseleksi lokasi yang paling tepat untuk museum bawah laut. Dengan demikian, benda-benda peninggalan di museum itu kelak dapat dinikmati sebagai obyek wisata bahari.
Di sisi lain, perlu dibangun museum bahari di beberapa wilayah eks kerajaan maritim Nusantara guna menyimpan koleksi artefak bawah laut yang telah diangkat. ”Dengan diangkat ke permukaan, masyarakat umum dapat mengetahui jejak peninggalan sejarah maritim,” ujarnya.(LKT/ONG)

7 NEGARA TERKAYA DI DUNIA

1. Amerika Serikat
Amerika Serikat merupakan negara terkaya di dunia dengan GDP mencapai US$ 12,46 triliun. Nih wajar aj nih negara bisa jadi SuperPower,,tuh karena GDP-nya yang ajiiib



 
2. Jepang
Posisi kedua ditempati negara Aia timur ini. jepang memiliki GDP US$ 4,51 triliun.padahal nih negara pernah hancur lebur oleh bom atom, tapi bisa menjadi negara terkaya


3. Jerman
Sama halnya seperti jepang, jerman juga pernah mengalami masa sulit ketika mereka terpaksa dibagi 2 untuk Uni sovyet dan USA. baru tahun 1990an mereka bergabung kembali menjadi 1 negara. Jerman memiliki GDP US$ 2,78 triliun.


 
4. Inggris
Biarpun pun nih negara pernah menjajah hampir 1/3 belahan dunia,,,tapi tidak membuatnya menjadi negara terkaya didunia. Inggris berada diurutan ke 4 dengan GDP S$ 2,19 triliun.


 
5. Perancis
Negara yang terkenal dengan gaya ciumannya itu memiliki GDP US$ 2,11 triliun.



6. Italia
Negara yang terkenal akan Sejarah kekaisarannya ini memiliki GDP S$ 1,72 triliun.



7. Spanyol
Spanyol memiliki GDP US$ 1,124 triliun
 

SEJARAH MOTOR

Motor Pertama Di Dunia


Sepeda motor pertama di buat oleh ahli mesin Jerman Gottlieb Daimler tahun 1885 ketika dia memasang sebuah mesin dengan pembakaran sempurna pada sebuah sepeda kayu yang dia desain sendiri. Sepeda tersebut memiliki empat roda, termasuk dua roda tambahan (seperti roda pada sepeda anak-anak).

Putra Daimler menjadi orang pertama yang mengendarai sepeda motor ketika dia mencoba kreasi ayahnya tersebut pada tanggal 10 November 1885 dengan kecepatan mendekati 10Kpj.

Beberapa model sepeda motor kemudian di perkenalkan di Jerman, Perancis dan Inggris dengan fokus pengembangan pada kepraktisannya sebagai alat transportasi.

Tahun 1903, Arthur Davidson dan saudaranya Walter bersama tetangganya William Harley membuat motor Harley-Davidson yang pertama. Setahun kemudian mereka mulai memproduksi sepeda motor untuk di jual. Tahun 1909 Harley-Davidson mengenalkan mesin V-Twin yang pertama, yang memiliki dua silinder dengan konfigurasi seperti huruf “V”. Mesin tersebut memiliki suara yang besar, bergemuruh dan terkesan jantan, tak lama mesin tersebut menjadi mesin Amerika klasik.

Selama tahun 1914, bentuk dasar dari sepeda motor modern mulai terbentuk. Bentuk tersebut meliputi peletakan mesin di antara roda depan dan belakang dan sebuah rantai untuk mentransger tenaga dari mesin ke roda belakang.

Selama PD I (1914-1918), sepeda motor terbukti sebagai sarana transportasi yang tangguh bagi militer Amerika dan Eropa, mampu mengurangi beban jalan raya dan mampu membawa alat komunikasi jauh lebih ke depan garis pertempuran. Sesudah perang, penggunaan sepeda motor menyebar luas ke Eropa dan Amerika.

Sampai tahun 1950-an, kebanyakan sepeda motor di Amerika utara di produksi oleh Harley-Davidson atau oleh perusahaan Inggris seperti Birmingham Small Arms Company (BSA), Norton, dan Triumph.


Periode 1960 dan 1970, perusahaan Jepang seperti Honda, Kawasaki, Suzuki, dan Yamaha, mulai memperkenalkan sepeda motor dengan pengembangan pada mesin dan suspensi dan mereka mampu bersaing dengan produsen motor yang sudak lebih dulu ada. Kelak, sepeda motor dengan mesin 4 langkah 750 sampai 1200 cc yang bertenaga besar produksi mereka akan mendominasi pasar sepeda motor jalan raya, sementara mesin 2 langkah yang ber-cc 250 sampai 500 akan menguasai pasar sepeda motor off-road.