uwow

total visitor

SIP

SIP


selamat datang di my blogger candra-cahaya.blogspot.com
^_^ selamat membaca ^_^ selamat meliat ^_^

foto fresh

foto fresh
^_^ selamat datang ^_^


Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese
English French German Spain Italian Dutch

PERBAIKAN MOTOR I

  1. Jika bahan bakar habis, segera isi kembali
  2. Jika tangki bocor atau kotor maka lakukan penambalan atau bersihkan tangki bahan bakar
  3. Jika aliran pipa kran tersumbat, maka buka kran tangki bahan bakar, bersihkan kotoran atau kerak yang menempel pada pipa kran.
  4. Jika kran bensin tersumbat maka bersihkanlah jika filter terlihat kusam disarankan untuk membeli yang baru.
Meteran bahan bakar mati
Kemungkinan disebabkan oleh :
  1. Aki lemah
  2. Pelampung rusak
  3. Kabel putus
  4. Pelampung unit kontrol/sensor tinggi bahan bakar rusak
Solusi kasus meteran bahan bakar mati
  1. Periksa tegangan aki, jika jarum penunjuk voltmeter tidak stabil, kemungkinan pengisian aki tidak sempurna atau aki rusak, maka perbaiki sambungan kabel aki, jika aki soak segera dicas ulang di tukang aki atau diganti
  2. Periksa kabel sensor tinggi permukaan bahan bakar, jika putus atau kotor, maka sambungkan lalu bersihkan
  3. Jika unit atau sensor ketinggian bahan bakar pelampungnya rusak, maka ganti pelampung per pelampung pada tangki bahar bakar
Suara motor tersendat dan sesekali mati
Kemungkinan disebabkan oleh :
  1. Karburator banjir
  2. Jarum pelampung tidak tepat
  3. Penyetelan lidah pelampung terlalu rendah
Solusi kasus suara motor tersendat-sendat
  1. Pada karburator banjir, periksa keasuan jarum pelampung, jika sudah usang atau yang mengakibatkan penutup jarum tidak rapat maka jarum pelampus tersebut harus segera diganti yang baru. Jika jarum miring, maka pasang kembali jarum dengan benar.
  2. Jika penyetelan lidah pelampung terlalu rendah, maka setel lidah dengan tepat kemudian bersihkan karburator.
Karburator cepat kotor
Kasus ini disebabkan oleh udara yang masuk ke dalam saringan udara atau disebabkan karena tangki bensin kotor dengan bahan bakar campuran
Solusi kasus karburator cepat kotor
  1. Periksa saringan udara kotor, maka bersihkan saringan udara dari kotak saringan udara
  2. Jika tangki bensin kotor maka bersihkan tangki kotor
Mesin kurang stabil pada putaran stasionernya
Kemungkinan disebabkan oleh :
  1. Jarak kereggangan busi
  2. Setelan kerenggangan katup terlalu  kencang
  3. Karburator tersumbat atau setelan karburator kurang tepat
  4. Spull atau CDI lemah
Solusi kasus mesin kurang stabil pada putaran stationernya
  1. Periksa jarak kereggangan busi, jika terlalu renggang maka rapatkan kerenggangan busi
  2. Periksa setelan karburator. Jika kurang tepat maka setel sekrup udara pada karburator sampai perbandingan udara dan bahan bakar sesuai
  3. Jika langkah no 1 dan 2 baik-baik saja, maka setelan klep kurang tepat, maka setel ulang kerenggangan klep
Mesin berhenti saat melaju cepat
Kemungkinan disebabkan oleh :
  1. Bahan bakar habis
  2. Busi mati
  3. Koil Mati
  4. Setelan karburator kurang tepat
Solusi kasus mesin berhenti saat melaju cepat
  1. Periksa tangki bensin untuk mengecek bahan bakar
  2. Periksa percikan api busi, jika lemah maka bersihkan busi atau ganti dengan yang baru
  3. Periksa keadaan koil, jika koil sangat panas, maka jika koil lemah dan terbakar segera ganti baru
  4. Jika setelan kurang tepat, maka setel sekrup udara pada karburator hingga perbandingan udara dan bahan bakar sesuai. Lalu setel ulang semua komponen karburator
Terdengar suara yang berlebihan di kepala silinder
Kemungkinan disebabkan oleh :
  1. Setelan klep terlalu renggang
  2. Pelatuk klep aus
  3. Pegas klep patah
  4. Rantai keteng kendor
Solusi kasus suara yang berlebihan di kepala silinder
  1. Periksa kerenggangan klep, jika tidak tepat setelan klep terlalu renggang dapat menimbulkan suara menggelitik pada kepala silinder, maka setel ulang kerenggangan klep
  2. Periksa rantai keteng kendor, maka setel ulang rantai keteng, jika rusak segera ganti baru
  3. Jika langkah 1 dan 2 tidak ada kerusakan, maka kemungkinan pelatuk klep dan per klep aus atau rusak, maka pelatuk atau per klep yang sudah aus atau rusak segera ganti baru
Starter loss
Kemungkinan disebabkan oleh :
  1. Setelan kopling terlalu keras(kopling otomatis)
  2. Gigi starter aus
  3. As gigi kick starte aus
  4. Pelat kopling slip
Solusi kasus starter loss
  1. Pada motor bebek, periksa setelan kopling yang ada pada blok mesin kanan. Kendorkan setelan kopling lalu selah dengan kick starter
  2. Periksa gigi dan as starter, jika rusak atau aus, maka ganti starter dan as
  3. Jika gigi dan as starter normal, maka ganti pelat kopling atau kampas kopling yang menyebabkan slip kopling
Knalpot berasap
Kemungkinan disebabkan oleh :
  1. Kerusakan pada klep
  2. Kerusakan pada seher
Solusi kasus knalpot berasap
  1. Periksa bosh klep, kepala klep dan posisi dudukan klep. Jika tidak normal, ganti bosh dan kepala klep maka gantilah dengan yang baru. Sedangkan untuk klep yang kotor, cukup bersihkan dengan bensin
  2. Jika kerusakan terdapat pada seher yang kendor atau ring seher dan silinder yang telah aus, maka seher dan ring yang rusak harus diganti dengan seher yang lebih besar diameternya dan ukuran silinder pun harus diperlebar
Asap knalpot hitam
Kemungkinan disebabkan adanya pembakaran yang kurang sempurna dan campuran gas yang terlalu banyak pada karburator
Solusi kasus asap knalpot hitam
  1. Periksa campuran bensin dalam karburator, jika campuran gas dan udara terlalu banyak, maka setel ulang karburator
  2. Periksa keadaan busi, jika terdapat kerak segera bersihkan
  3. Jika masih hitam maka sebaiknya segera bawa ke bengkel terdekat untuk pembongkaran mesin Suara knalpot nembak-nembak
Kemungkinan disebabkan oleh :
  1. Pasokan udara yang terlalu irit atau boros
  2. Kualitas bensin kurang baik
  3. Pasokan bensin terhambat
  4. Kerenggangan busi tidak sesuai
Solusi kasus suara knalpot nembak-nembak
1. Periksa pasokan udara karburator, jika terlalu sedikit atau boros, maka setel ulang udara di karburator dan bersihkan filter bensinnya
2. Periksa kualitas bensin, jika buruk maka kuras tangki bensin dan gunakan bensin yang berkualitas baik
3. Kerenggangan busi yang tidak sesuai maka setel kembali businya, ganti kabel businya jika cacat atau bersihkan kotoran di cangklong kabel busi
Getaran berlebihan pada pijakan kaki (footstep)
Getaran berlebihan yang terjadi di footstep dirasakan saat ngebut hingga kaki menjadi kesemutan
Solusi kasus getaran berlebihan pada footstep
  1. Periksa baut pada dudukan footstep
  2. Periksa bos di swing arm sudah aus, maka ganti bos di swing arm dan kencangkan baut swing arm dengan benar
  3. Periksa rantai roda, jika tidak sejajar, segera perbaiki
Pagi hari motor tidak dapat distarter
Kasus ini disebabkan oleh campuran gas berlebih/kurang
Solusi kasus pagi hari motor tidak dapat distarter
  1. Periksa aliran bahan bakar jika terdapat kandungan minyak tanah, maka bersihkan tangki dari kotoran atau bersihkan filter bensin, lalu ganti dengan bahan bakar yang baru
  2. Periksa koil jika terbakar maka gantilah koil dengan yang baru
  3. Handle kopling berat
  4. Kasus ini disebabkan oleh kabel kopling dan stuf pengangkat kopling
Solusi kasus handle kopling berat
  1. Periksa kabel kopling dengan cara menarik handle, jika berkarat atau putus maka lumasi kabel kopling dengan oli dan ganti kabel jika putus. Lalu setel jarak main handle kopling
  2. Periksa stut kopling, jika kotoran yang disebabkan oli yang terlalu encer, segera bersihkan
Handle sulit lepas
Kopling sulit lepas disebabkan masalah pada kabel kopling, pelat kopling dan bearing kopling
Solusi kasus kopling sulit lepas
  1. ­Periksa kabel kopling, jika kotor atau beberapa serat kabel putus. Maka ganti kabel kopling yang rusak, jika kotor cukup bersihkan dan lumasi dengan oli
  2. Jika kabel kopling normal, maka periksa pelat dan bearing koplingnya. Bersihkan pelat kopling, ganti bearing kopling yang kocak
Kopling slip
Kopling slip disebabkan masalah pada kabel kopling, kampas kopling dan pelat kopling
Solusi kasus kopling slip
Periksa kampas kopling dan pelat kopling, jika sudah rusak maka segera ganti dengan yang baru
Gigi transmisi sulit dipindahkan
Kemungkinan disebabkan oleh kerusakan pada komponen mekanisme pemindahan gigi dan gigi transmisi Solusi kasus gigi transmisi sulit dipindahkan
  1. Periksa garpu pemindah transmisi dan alur tabung pemindah transmisi tidak normal maka sebaiknya ganti yang baru
  2. Periksa gigi transmisi. Jika sudah aus, maka ganti gigi transmisi yang aus
Setelan gas membesar sendiri
Kasus ini disebabkan karena kabel gas keseringan kemasukkan air
Solusi kasus gas membesar sendiri
  1. Periksa keadaan kabel gas, jika kotor, bersihkan kabel dengan pelumas. Sedangkan jika kabel serabutnya terputus, maka ganti yang baru
  2. Periksa pipa gas tangan, jika putaran gas sulit kembali, maka ganti pipa tangan dengan yang baru
Kemudi stang terasa berat
Kasus ini disebabkan oleh :
  1. Tekanan ban depan kurang
  2. Mur poros terlalu kencang
  3. Bearing stir pecah
  4. As stir bengkok
Solusi kasus kemudi stang terasa berat
  1. Periksa tekanan ban, jika kurang segera pompa
  2. Kendurkan mur kemudi, lalu coba gerakkan stang ke kiri-kanan
  3. Jika masih berat maka periksa bearing dan as stang. Jika bearing rusak atau pecah, segera ganti yang baru. Jika as rusak dapat diluruskan dengan cara dipanasi atau ditekan
Roda depan dan belakang tidak segaris
Kemungkinan disebabkan oleh :
  1. Selongsong bawah garpu depan bengkok
  2. Poros depan bengkok
  3. Roda tidak dipasang dengan benar
  4. Bantalan kepala kemudi tidak baik
  5. Kaki kanan/kiri garpu depan tidak dipasang sama tinggi
  6. Jumlah minyak di dalam masing-masing pipa garpu tidak sama
  7. Bantalan roda aus
  8. Komponen-komponen engsel lengan ayun aus
  9. Rangka bengkok
Solusi kasus roda depan dan belakang tidak segaris
  1. Periksa garpu depan dan poros depan, jika selongsong bawah garpu depan dan poros depan bengkok, maka luruskan di bengkel pengepresan
  2. Periksa bantalan kepala kemudi, jika rusak maka perbaiki bantalan kemudi
  3. Periksa bantalan kepala kemudi, kaki kanan dan kiri tidak sama tinggi. Jumlah minyak masing-masing garpu tidak sama, maka pasang sama tinggi kaki garpu dan isi minyak dengan ukuran sama
Suspensi depan terlalu keras
Kemungkinan disebabkan oleh :
  1. Seal shock bocor
  2. Per shock breaker rapat
  3. As shock bengkok
Solusi kasus suspensi depan terlalu keras
  1. Periksa tabung suspensi, jika ada oli yang keluar dari tabung suspensi depan, maka gantilah seal shock depan
  2. Periksa oli di dalam tabung shock breaker, jika terlalu encer maka segera ganti oli shock breakernya
  3. Periksa per dan as. Per yang sudah rapat maka harus diganti. Jika as bengkok maka dapat diluruskan kembali.
3.
Roda goyang
Kemungkinan dapat disebabkan oleh:
  1. Mur as roda kurang kencang
  2. Bearing as roda kocak
  3. Velg roda tidak normal
  4. As roda bengkok
  5. Jari-jari roda patah
Solusi kasus roda goyang
  1. Periksa kekencangan mur pada as roda
  2. Periksa jari-jari roda
  3. Lepaskan roda lalu periksa bearing dan as roda, jika rusak atau pecah, gantilah yang baru
  4. Periksa velg roda, jika bengkok maka bisa dibetulkan sebaiknya oleh ahlinya
Suspensi Belakang terlalu keras
Kemungkinan dapat disebabkan oleh:
  1. Penyetelan suspensi yang kurang tepat
  2. Poros engsel lengan ayun bengkok
  3. Bos engkel lengan ayun rusak
  4. Tangkai peredam kejut bengkok
  5. Tekanan udara ban terlalu tinggi
Solusi kasus suspensi belakang terlalu keras
  1. Periksa tekanan ban dan normalkan tekanannya
  2. Periksa tangkai peredam kejut, jika bengkok , maka sebaiknya diganti
  3. Periksa poros dan bos engsel, jika bengkok atau rusak sebaiknya diganti