uwow

total visitor

SIP

SIP


selamat datang di my blogger candra-cahaya.blogspot.com
^_^ selamat membaca ^_^ selamat meliat ^_^

foto fresh

foto fresh
^_^ selamat datang ^_^


Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese
English French German Spain Italian Dutch

FAKTA COCACOLA

COCA-COLA
Fakta Coca-cola
Banyak yang tidak mengira, Coca-cola diciptakan oleh seorang ahli farmasi, John Pemberton. Apoteker yang menderita kecanduan, tetapi bukan pada cocaine.
Produk asli buatan Pemberton awalnya diberi nama cocawine, sangat populer pada tahun 1884 di Columbus, Georgia. Tetapi dengan keluarnya larangan minuman beralkohol, ia merubah formula coca-cola menjadi minuman tak beralkohol.Ia menggunakan daun coca dan kacang kola untuk bumbunya. Maka lahirlah Coca-cola pada tahun 1886. Pada mulanya minuman ini dijual di apotek dengan kemasan fountain drink, dimana pembeli harus membayar 5 sen tiap gelas. Dipuji karena kemampuannya menyembuhkan gejala dispepsia ketagihan morfin, yang juga diderita oleh Pemberton. Waktu itu kabarnya formula Coca-cola adalah 5 ons cairan coca untuk setiap galon. Tetapi kabar itu tidak pernah terbukti, karena hingga sekarang formula itu dijaga dengan ketat.

Pada tahun 1887 Pemberton menjual hak paten formula Coca-cola kepada Asa Candler yang selanjutnya mendirikan perusahaan dengan nama Coca-cola. Tetapi Pemberton juga menjual formulanya kepada orang lain, Charlie, putranya sendiri yang memproduksi minuman sejenis. Malang bagi Candler karena Pemberton menyatakan yang punya hak menggunakan nama Coca-cola adalah putranya. Sedangkan Candler hanya berhak menggunakan formulanya saja. Akibatnya produk milik Candler yag dinamai Yum-yum” dan “Koke” jatuh di pasaran. Apalagi semakin sulit menjual produk minuman yang mengandung kokain.

Dahulu Coca Cola itu dijadikan obat untuk melancarkan pencernaan Dan agar bisa buang gas. Dan sebagai penghilang rasa sakit ditambahkan kokain.

Dahulu itu isinya adalah Wine, Kokain sama sodium. Setelah diberlakukan larangan menjual minuman keras tanpa izin, sehingga diubah jadi Sodium Carbonated/Soda, Sugar Cane Extract,kokain. ,akhirnya diganti lagi jadi Sodium Carbonated, Sugar Cane Extract Dan Kacang Kola.

Pada thn 1889
setiap 330 ml Coca Cola mengandung 100 milligram kokain. Saat ini untuk membeli coca cola masih harus menggunakan resep dokter.

Pda thn 1894
Setiap 330 ml Coca Cola mengandung 20 miligram kokain. Saat ini pembelian coca cola sudah bebas tetapi ada peringatan untuk tidak mengkonsumsi coca cola lebih dari 3 botol dalam 1 hari karna kadar karbon dioksidanya.

Pada thn 1903 kokain dinyatakan sebagai obat terlarang dan coca cola menghilangkan kokain dari minumannya.

Setelah itu Coca Cola tidak lagi menggunakan kokain tetapi hanya menggunakan daun koka "bekas" yang merupakan sisa dari proses ekstraksi kokain. Jadi tetap mengandung kokain dalam jumlah sangat2x super sedikit 1/3000 miligram untuk setiap 1 gram daun ganja yang digunakan.

Tetapi dalam perkembangannya karena ingin menjual kenegara2x seperti Isreal dan Timur tengah yang mayoritas beragama Islam, maka untuk dapat dijual kesana Coca Cola harus mendapatkan sertifikat Halal dan Kosher. Karena mengandung kokain walaupun dalam jumlah yang kecil, maka tetap saja tidak bisa mendapatkan kedua sertifikat itu. Akhirnya digunakan Non-narcotic Koka leaves.

Karena Saham Coca Cola dibeli oleh perusahaan Isreal maka negara2x arab menolak untuk mengimpor Coca Cola. Oleh sebab itu akhirnya Coca Cola hanya menjual Essence Cola kepada sebuah perusahaan yg berbasis di perancis dan dimiliki pengusaha dari Marroco dan kemudian menjual kembali minuman Coca Cola dengan merek Mecca Cola.

Sementara Pepsi yang bahkan tidak menjual produknya di Israel, tidak memiliki High Rangkin manager dari golongan Yahudi, lebih disukai oleh negara2x arab. Pada thn 1954, pepsi cola membuat anak perusahaan di Iran dan meluncurkan produk Cola dengan nama2x Zam Zam cola. Mottonya adalah "Minuman Ringan untuk para Haji dan Hajah"

Pada thn 1980 an karena perkembangan tekhnologi dan juga kenaikan harga gula, maka formula dasar coca cola diganti. Tidak lagi menggunakan sugar cane extract tetapi menggnuakan gula proses kimia yang dikenal dengan nama fructosa. Dan jg tidak lagi menggunakan daun koka, tetapi digunakan zat perasa bahan makanan yang dimana campuran bahan2x ini dengan carbonated sodium menghasilkan warna hijau. Karena warna asli nya adalah hitam maka ditambahkan pewarna berwarna hitam untuk membuat minuman ini tampak seperti sebelumnya.

Kecuali yg diproduksi di meksiko, disana masih menggunakan sugar cane extraction. Dan konon rasanya jauh lebih enak dari coca cola yang menggunakan fruktosa.

Beberapa catatan fakta tentang coca-cola :
•    Coca-cola bisa digunakan untuk mengubati sengatan ubur-ubur.
•    Coca-cola bisa digunakan untuk cairan pembersih dan penghilang bau, misalnya pada toilet.
•    Jika rambutmu tertempel permen karet, gunakan cairan Coca-cola untuk membasuhnya. Maka permen karet akan dengan mudah lepas dari rambutmu.
•    Pada bagian bawah kemasan biasanya tertulis “oroginal formula” tetapi kenyataannya formula yang dipakai saat ini tidak asli lagi. Sejak tahun 1985 pembuatan Coca-cola tidak lagi menggunakan gula, tetapi diganti dengan fruktosa.
•    Warna asli Coca-cola adalah hijau.
•    Dalam bahasa Cina, kata coca-cola erarti “membuat mulut bahagia”.
•    Jika botol Coca-cola di seluruh dunia dikumpulkan dan disusun dari ujung ke dasar, panjangnya sama dengan jarak bolak-balik ke bulan 1667 kali.
•    Jika kamu minum Coca-cola hingga 8 botol sekali teguk, kamu bisa mati karena kadar karbon dioksida yang terlalu banyak dalam darah.
•    Di beberapa negara, polisi lalu-lintas dilengkapi dengan 2 galon minuman soda ini pada mobilnya. Gunanya untuk membersihkan darah yang menempel pada jalan setelah terjadi kecelakaan.
•    Hanya sedikit orang yang tahu formula rahasia Coca-cola. Pembuatannya dilakukan di satu pabrik pusat yang selanjutnya diekspor ke seluruh negara yang ada pabrik pengemasannya.
•    Hak produksi Coca-cola dijual hanya seharga $ 1,00 pada tahun 1890-an.
•    94% penduduk dunia mengenal Coca-cola.
•    Coca-cola telah menerbitkan lebih dari 500 merk, termasuk diet coke, sprite dan fanta. Terdapat lebih dari 1200 pabrik pengemasan di seluruh dunia.
•    Ada sekitar 10.450 botol berbagai merk minuman keluaran Coca-cola dikonsumsi setiap detiknya.
•    Pada tahun pertama, terjual kurang dari 10 botol Coca-cola setiap harinya. Kini terjual lebih dari 1 milyar botol setiap harinya.
•    Meskipun kebanyakan orang menikmati Coca-cola dengan didinginkan. Di Hongkong ada yag mengkonsumsi Coca-cola setelah dihangatkan untuk mengobati demam.