uwow

total visitor

SIP

SIP


selamat datang di my blogger candra-cahaya.blogspot.com
^_^ selamat membaca ^_^ selamat meliat ^_^

foto fresh

foto fresh
^_^ selamat datang ^_^


Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese
English French German Spain Italian Dutch

KOMPAS BISA DI DALAM TANAH

Apakah kompas masih bisa bekerja di bawah tanah?
Apakah kompas masih bisa bekerja di bawah tanah?
SainsMe - Umum diketahui bahwa kompas mempermudah kita untuk menentukan arah dimana pun kita berada. Mengapa? Karena kedua ujung jarum kompas selalu menghadap utara dan selatan, dengan begitu kita dapat menentukan arah mata angin yang lain. Lalu, apakah kompas masih akan berfungsi jika digunakan di dalam tanah?
Kompas yang berupa aplikasi pada ponsel yang kita miliki mungkin tidak akan bisa bekerja di dalam tanah. Kompas ini bergantung pada sinyal radio yang mudah terhalang oleh batu atau air. Oleh karena itu, jika dibawa ke dalam tanah tentunya akan banyak yang mengganggu sinyal radio.
Berbeda dengan kompas aplikasi ponsel, kompas tradisional yang menggunakan jarum goyah masih bisa aktif di dalam tanah. Jenis kompas ini bekerja dengan bergantung pada medan magnet yang membentang antara kutub utara dan kutub selatan bumi. Kekuatan medan magnet tersebut akan sama besar jika kompas digunakan dalam gua atau kedalaman laut.
Namun, jarum magnet pada kompas akan rusak saat digunakan pada lingkungan yang memiliki medan kekuatan dari besi cair dalam inti bumi. Tentunya medan tersebut akan kita temui jika mengebor jauh ke bawah menuju inti bumi.