uwow

total visitor

SIP

SIP


selamat datang di my blogger candra-cahaya.blogspot.com
^_^ selamat membaca ^_^ selamat meliat ^_^

foto fresh

foto fresh
^_^ selamat datang ^_^


Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese
English French German Spain Italian Dutch

PERBAIKAN MOTOR II

Daya pengereman lemah
Kemungkinan disebabkan oleh :
  1. Penyetelan rem kurang tepat
  2. Kampas rem, teromol rem dan bumbungan rem aus
  3. Pemasangan kampas rem tidak benar
  4. Sambungan peralatan penarik rem memerlukan pelumas
  5. Kampas rem dan teromol rem dalam keadaan kotor
  6. Sepatu rem dalam keadaan aus pada bidang kontak dengan bumbungan
Solusi kasus daya pengereman lemah
  1. Periksa setel rem, setel dengan tepat
  2. Periksa kampas,teromol dan bumbungan rem, jika kotor harus dibersihkan. Namun jika aus maka harus diganti yang baru
  3. Periksa posisi lengan rem pada gerigi poros hubungan kurang tepat, maka perbaiki dan setel ulang lengan rem dengan benar
Rem berbunyi mendering
Kemungkinan disebabkan oleh :
  1. Teromol atau cakram kotor
  2. Teromol tidak rata
  3. Sepatu rem miring
Solusi kasus rem berbunyi mendering
  1. Jika teromol atau cakram kotor, bersihkan dengan menggunakan ampelas.
  2. Jika teromol tidak rata, haluskan dengan ampelas
  3. Sepatu rem miring, maka harus diganti karena tidak bisa diperbaiki
Handle rem hidraulik terlalu keras
Kemungkinan disebabkan oleh :
  1. Sistem rem tersumbat
  2. Piston caliper menyangkut
  3. Caliper tidak bergeser dengan baik
  4. Saluran minyak rem tersumbat
  5. Sil piston caliper aus
  6. Piston silinder utama menyangkut
  7. Handle rem bengkok
Solusi kasus handle rem hidraulik terlalu keras
  1. Periksa handle rem, jika bengkok dan mur pengunci handle kotor, maka ganti handle yang bengkok, bersihkan mur dan dengan pelumas
  2. Periksa saluran minyak dan sistem rem,jika tersumbat maka perbaiki saluran dan sistem rem
  3. Periksa komponen pada master yaitu caliper atau piston mengalami aus, maka perbaiki caliper yang bergeser atau ganti dengan yang baru jika sudah aus
Rem hidraulik nyangkut
Kemungkinan disebabkan oleh :
  1. Kampas rem/cakram kotor
  2. Roda tidak terpasang dengan baik
  3. Kampas rem/cakram aus
  4. Cakram bengkok
  5. Caliper tidak bergeser dengan baik
Solusi kasus rem hidraulik nyangkut
  1. Periksa kampas rem/cakram, jika kampas rem kotor atau aus, maka bersihkan kampas rem atau ganti yang baru jika aus
  2. Periksa pemasangan roda
  3. Periksa cakram rem, jika bengkok maka press cakram rem ke tempat ahlinya atau ganti cakram rem baru
Rem tromol kurang pakem
Kemungkinan disebabkan oleh :
  1. Kampas rem tipis
  2. Teromol kotor
  3. Jarak main pedal rem terlalu longgar
Solusi kasus rem trombol kurang pakem
  1. Periksa jarak main bebas handle atau pedal rem, jika terlalu renggang setel agar tidak terlalu renggang
  2. Periksa apakah kampas rem sudah aus (bisa dilihat dengan pelat indikator bertepatan dengan tanda segitiga pada panel rem belakang saat pedal rem ditekan), maka ganti kampas rem yang baru
Rem hidraulik kurang pakem
Kemungkinan disebabkan oleh :
  1. Jarak main bebas handle rem terlalu renggang
  2. Minyak rem bocor
  3. Cakram tipis
  4. Terdapat angin pada selang rem
Solusi kasus rem hidraulit kurang pakem
  1. Periksa jarak main bebas handle main, jika terlalu renggang, maka setel main bebas handle atau pedal
  2. Periksa selang dan seal, jika bocor, maka segera ganti selang minyak atau seal rem yang bocor
  3. Periksa kampas dan ketebalan cakram rem, jika cakram atau kampas rem sudah tipis segeralah ganti kampas atau cakram rem
  4. Jika semua dalam kondisi normal, maka periksa rongga angin yang masuk pada selang rem, keluarkan angin dalam selang minyak rem dengan cara memompa keluar semua minyak dari selang, kemudian isi kembali selang dengan minyak rem yang baru
Kampas rem berbunyi
Kemungkinan disebabkan oleh :
  1. Kampas rem aus atau kotor
  2. Posisi piringan cakram miring
Solusi kasus kampas rem berbunyi
  1. Periksa level ketinggian minyak rem di tabung master, jika di bawah garis peringatan, isilah dengan minyak rem yang baru
  2. Periksa langsung ke kampas, jika kotor segera bersihkan dari debu-debu atau ganti kampas yang baru
  3. Cakram miring, coba kecangkan bautnya hingga kembali lurus
Rantai roda berbunyi ‘kricik-kricik’
Kemungkinan disebabkan oleh :
  1. Rantai kendor
  2. Karet penahan lengan ayun sudah terkikis
Solusi kasus rantai roda berbunyi ‘kricik-kricik’
  1. Jika rantai kendor maka setel ulang rantai hingga cukup kencang, ingat : jangan terlalu kencang karena rantai akan mudah putus
  2. Beri pelumas rantai, bisa dengan menggunakan oli
  3. Jika karet penahan rantai yang ada di depan as lengan ayun kiri rusak, maka ganti lengan ayun penahan rantai yang baru
Ban dalam sering bocor
Kemungkinan disebabkan oleh :
  1. Terkena paku
  2. Tekanan angin kurang
  3. Karet yang melingkar dalam pelek tidak terpasang
  4. Ukuran ban dalam dan luar tidak sesuai
Solusi kasus ban dalam sering bocor
  1. Periksa tekanan ban agar mencegah kebocoran akibat terjepit, maka tambahkan selalu tekanan angin jika kurang
  2. Jika karet yang melingkar lepas atau tidak ada akan membuat ban dalam bocor
  3. Jika ban luar sudah aus, sehingga sering mengakibatkan ban dalam bocor, maka segera ganti ban luar Anda
Speedometer mati
Kemungkinan disebabkan oleh :
  1. Kecepatan yang terlalu tinggi
  2. Kabel speedometer terjepit
  3. Kabel speedometer putus
Solusi kasus speedometer mati
  1. Periksa kabel kecepatan atas dan bawah, jika kabelnya putus maka harus diganti yang baru
  2. Periksa roda gigi speedometer, jika tidak berputar, maka solusinya adalah ganti roda gigi yang baru
  3. Jika komponen penghubung kabel ke speedometer rusak atau gerigi-geriginya aus, maka bongkar kotak instrumen speedometer dan perbaiki komponen speedometer yang rusak
Bunyi  klakson lemah
Kemungkinan disebabkan oleh :
  1. Sambungan kabel ke klakson kurang pas atau kotor
  2. Tegangan aki lemah
Solusi kasus bunyi klakson lemah
  1. Pasang dengan tepat kabel penghubung klakson
  2. Bersihkan kabel sambungan klakson dengan ampelas
  3. Gunakan alat multimeter untuk menguji dengan mengukur tegangan kedua terminal aki. Jika tegangan aki = 12,4 volt, muatan aki cukup. Jika kurang maka cas lah aki di tempat pengecasan aki
Lampu belakang mati total
Kemungkinan disebabkan oleh :
  1. Lampu belakang putus
  2. Korsleting kabel penghubung aki ke regulator
  3. Korsleting kabel regulator ke pengisian
Solusi kasus lampu belakang mati total
  1. Periksa lampu belakang, jika putus gantilah yang baru
  2. Periksa konektor terhadap terminal-terminal yang longgar atau berkarat, solusinya adalah perbaiki konektor yang longgar dan ganti konektor yang rusak
  3. Periksa konektor dari wire harness, jika salah satu tegangan tidak sesuai, solusinya adalah ganti konektor atau perbaiki urutan rangkaian yang bermasalah
  4. Periksa unit regulator atau rectifier, jika tidak sesuai dengan unit pengukuran dalam ohm. Maka solusinya adalah ganti unit regulator/rectifier dengan yang baru jika nilai tahanan (ohm) tidak normal
Rumah terminal socket sering terbakar
Kemungkinan disebabkan oleh :
arus yang menuju ke soket terlalu besar
Solusi kasus rumah terminal socket sering terbakar
  1. Lakukan pembersihan rumah socket dan pemasangan socket dengan benar
  2. Ganti rumah socket dengan yang baru jika socket panas hingga meleleh
Tidak ada reaksi saat distarter
Kemungkinan disebabkan oleh :
  1. Sakelar rusak atau kotor
  2. Switch starter lemah
  3. Motor starter rusak
Solusi kasus tidak ada reaksi saat distarter
  1. Periksa sakelar, ukur hambatan pada kutub-kutubnya. Jika terdapat nilai 0 ohm atau jarum ohmmeter tidak stabil, maka perbaiki sambungan kabel kedua kutub
  2. Ganti komponen eletronik yang rusak
Motor starter berputar, tapi mesin susah dihidupkan
Kemungkinan disebabkan oleh :
  1. Pengapian lemah
  2. Rantai starter putus
  3. Pelor starter slip
Solusi kasus motor starter berputar, tapi mesin susah dihidupkan
  1. Jika busi mengeluarkan percikan api yang lemah dan berwarna merah, solusinya adalah ganti busi baru
  2. Jika kerusakannya pada pelor atau rantai starter (putus/slip), maka solusinya adalah jika rantai putus segera diganti. Sedangkan pelor starter slip, jika kondisinya masih baik dapat dipasangkan kembali
Lampu depan mati
Kemungkinan disebabkan oleh :
  1. Lampu bohlam putus
  2. Sakelar kotor
  3. Kabel putus
Solusi kasus lampu depan mati
  1. Ganti bohlam baru jika putus
  2. Perbaiki sambungan kabel
  3. Bersihkan sakelar. Jika sakelar berkarat atau rusak segera ganti yang baru
Lampu sein tidak menyala
Kemungkinan kerusakan disebabkan oleh :
  1. Flash/relay winker mati total
  2. Tombol sakelar berkarat
  3. Sambungan kabel kurang baik
  4. Kondisi aki
  5. Lampu bohlam putus
Solusi kasus lampu sein tidak menyala
  1. Sediakan kabel, colok pada kedua sisi pengantar arus ke kabel flasher. Kalau lampu sein menyala tapi tidak berkedip maka flasher rusak, dan harus diganti yang baru
  2. Jika tombol sakelar berkarat, cek kondisinya jika masih memungkinkan bersihkan saja. Namun jika tidak gantilah dengan yang baru
  3. Jika lampu bohlam putus segera ganti, dan jika aki soak atau lemah segera cas di tempat cas aki
Rem tromol blong
Kemungkinan disebabkan oleh :
  1. Kawat rem putus
  2. Pedal rem rusak
  3. Kampas dan teromol kotor
  4. Kampas rem sudah tipis
  5. Teromol aus
Solusi kasus rem tromol blong
  1. Periksa kawat dan pedal rem, jika kabel putus harus segera ganti yang baru. Sedangkan untuk pedal rem jika bengkok maka perbaiki atau diluruskan
  2. Periksa hub roda, kampas, dan teromol. Teromol dan kampas rem yang kotor atau aus harus segera dibersihkan atau diganti
Komponen : busi
Busi berperan sebagai pematik listrik di dalam ruang bakar untuk menghasilkan bunga api untuk membakar bahan bakar
Cara membersihkan atau mengganti busi
  1. Lepaskan penutup kepala busi
  2. Pakai kunci busi sesuai ukurannya, putar kebalikan jarum jam sampai busi terlepas
  3. Bila berkerak bersihkan hingga bersih
  4. Bila busi tidak normal, ganti dengan yang baru
  5. Pasang busi seperti arah jarum jam
  6. Kencangkan dan pasang kembali tutup busi
Komponen : pelampung bahan bakar motor
Pelampung bahan bakar pada motor berfungsi dari sistem pelampung yaitu menjaga agar perbedaan tinggi antara permukaan bensin dan bibir nosel tetap
Cara mengganti pelampung dan per pelampung tangki
  1. Buka jok atau lepaskan tangki dari rangka
  2. Lepaskan pengait dengan menggunakan obeng atau keempat mur yang menempel
  3. Angkat sensor tinggi permukaan bahan bakar dari tangki bahan bakar
  4. Hubungkan konektor sensor tinggi permukaan bahan bakar ke susunan kabel listrik, putar kunci kontak ke posisi ON. Periksa jarum meter bahan bakar bergerek ke ‘F’ atau ‘E’ (kosong) ketika pelampung digerakkan ke atas dan ke bawah. Jika tidak bergerak kemungkinan pelampung rusak. Ganti pelampung baru.
  5. Pasang sebuah cincin O baru pada tangki jika sudah lembek
  6. Kencangkan mur-mur kembali
Komponen : karburator
Karburator berfungsi untuk mengubah bahan bakar menjadi bentuk yang mudah dibakar oleh putaran mesin untuk menghasilkan tenaga.
Cara membersihkan dan menyetel karburator
  1. Lepaskan sekrup-sekrup yang mengikat karburator
  2. Lepaskan karburator dari pipa penyambung dan insulator karburator
  3. Lepaskan selang bahan bakar, pernafasan dan pembuangan dari karburator
  4. Lepaskan sekrup tutup membran dan keluarkan membran. Periksa keadaan membran terhadap lubang-lubang kecil dari kerusakan
  5. Lepaskan sekrup rumah pelampung dari badan karburator
  6. Lepaskan engsel, katup pelampung, dan periksa katup pelampung terhadap alur-alur kerusakan permukaannya
  7. Lepaskan spuyer utama atau main jet penahan spuyer jarum, dan spuyer langsam. Putar sekrup udara ke dalam, hitung dengan jumlah tepat jumlah putaran sebelum sekrup menyentuh batas. Catat jumlah putaran untuk dipakai sewaktu pemasangan kembali
  8. Periksa cakra penggerak skep pegas pengembalian cakra cincin gaya dorong susunan skep. Bila kotor, lakukan pembersihan
  9. Lepaskan pegas lengan penghubung dan lengan penarik. Periksa skep dan jarum skep terhadap keausan, goresan, dan kerusakan lainnya
  10. Bersihkan  semua saluran dengan udara kompresor sebelum pemasangan spuyer dan klep dilakukan
  11. Pasang kembali semua komponen jangan sampai ada yang tertinggal.
Komponen : saringan udara
Saringan udara motor berfungsi untuk menahan debu atau menyaring debu yang ada di udara bebas, dan menyuplai udara bersih ke mesin untuk digunakan dalam proses pembakaran
Cara membersihkan saringan udara
  1. Lepas kotak saringan udara dari motor dan lepaskan sekrup-sekrupnya
  2. Keluarkan elemen saringan udara dari kotak saringan udara
  3. Cuci elemen saringan udara dengan minyak atau minyak pembersih lain dengan titik nyala yang tinggi, biarkan sampai mengering
  4. Celupkan elemen ke dalam minyak pelumas yang bersih, kemudian peras keluar minyak yang berlebihan
  5. Atau bersihkan dengan menggunakan udara kompressor
  6. Pasang kembali bagian-bagian yang dilepaskan dalam urutan kebalikan dari pembongkaran ­
Komponen : tangki bahan bakar
Tangki bahan bakar adalah tempat penampungan bahan bakar yang terdapat di motor
Cara membersihkan tangki bahan bakar
  1. Lepaskan tempat duduk, lepaskan kedua tutup samping rangka motor Anda
  2. Putar kran dalam posisi OFF dan lepaskan selang bahan bakar dari kran bensin
  3. Lepaskan baut pemasangan tangki,gerakkan tangki ke arah belakang dan lepaskan dari rangka motor
  4. Siapkan wadah tempat bensin yang bersih dan tuangkan bensin dalam wadah tersebut
  5. Tuangkan kembali bensin dari tutup tangki atas berulang-ulang sampai kotoran dalam tangki hilang
  6. Pasang kembali bagian-bagian yang dilepas tadi.
Komponen : kopling motor
Kopling motor berfungsi memindahkan tenaga dari mesin ke roda kendaraan
Cara membersihkan dan melumasi kabel kopling
  1. Luruskan lubang sela pengatur kopling hingga rata. Usahakan stang pada posisi belok kanan. Jangan lupa berikan lap alas agar tidak mengotori bagian lain
  2. Masukkan selang pembersih dan pelumas oli atau cairan sejenistepat pada drat kopling yang telah diluruskan tadi
  3. Setelah selangnya masuk, semprotkan pelumas oli atau cairan sejenis. Gunakan tangan satunya untuk memegang kopling dan memposisikan supaya cairan tadi masuk ke dalam, hingga berulang kali
  4. Setelah dianggap cukup, kembalikan posisi sesuai kenyamanan jari-jari Anda. Usahakan sela lubang kopling tadi tidak menghadap ke depan atau atas untuk mengurangi masuknya debu ke dalam kabel kopling yang akan membuat berat kopling (dianjurkan ke bawah atau ke belakang)
  5. Tunggu beberapa jam hingga cairan pembersih tadi mengalir dari atas hingga bawah. Pada bagian ujung kopling akan terlihat kotoran yang ikut larut dalam cairan pembersihan yang Anda semprotkan
  6. Jika belum terlihat cairan pelumasan keluar dari lubang kopling, maka lakukan langkah nomor 3 hingga keluar pelumasnya
Komponen : kampas kopling
Kampas kopling membantu tarikan motor lebih responsif ­
Cara mengganti kampas kopling
  1. Keluarkan minyak mesin dan tampung dalam tempat bersih
  2. Lepaskan mur penyetel rem belakang, pegas pengembalian, dan baut-baut tutup kanan bak mesin
  3. Lepaskan sekrup-sekrup, tutup rotor saringan oli, dan pompa oli. Tahan roda gigi penggerak primer dan roda gigi dengan sebuah penahan gir, lepaskan mur pengunci menggunakan perkakas khusus. Lepaskan cincin pengunci dan rotor saringan oli
  4. Lepaskan pembimbing pengangkat kopling, baut-baut kopling, plat pengangkat kopling, dan pegas kopling
  5. Lepaskan cincin (washer), bagian tengah kopling(clutch center), dan pelat kopling
  6. Lepas kampas kopling satu per satu, ganti satu set jika salah satu sudah melampaui batas servis
  7. Pemasangan dapat dilakukan seperti kebalikan dari pembongkaran semula.