uwow

total visitor

SIP

SIP


selamat datang di my blogger candra-cahaya.blogspot.com
^_^ selamat membaca ^_^ selamat meliat ^_^

foto fresh

foto fresh
^_^ selamat datang ^_^


Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese
English French German Spain Italian Dutch

5 MOTOR TERMAHAL DI DUNIA

1. Dodge Tomahawk V10 Superbike
bersodagembira.blogspot.com
Harga: 550.000 dollar AS (Rp 6.051.650.000)
Diperkenalkan pada tahun 2003 oleh DaimlerChrysler. Waktu itu, tidak disebutkan harganya. Namun, media memperkirakan 250.000 dollar AS. Pasalnya, biaya produksi per unit 200.000 dollar AS. Namun allpar.com, situs remsi Dodge yang mengutip kantor berita Reuter menginformasikan, Neiman Marcus membeli 10 unit moge dengan harga satu unit 550.000 dollar AS (Rp. 6.051.650.000).

2. MTT Gas Turbine Superbike

bersodagembira.blogspot.com
Harga: 250.000 dollar AS (Rp 2.787.500.000)
Kehebatan Ecosse Titanium Sereies RR Limited Edition sehingga dihargai seperti di atas lantaran seluruh sasisnya dibuat dari titanium. Begitu juga dengan kedua knalpotnya. Seluruh bodi dibuat dari serat karbon yang dilapisi dengan pernis. Desainnya dianggap inovatif dan dibuat dalam jumlah terbatas. Bobotnya 400 kg.

3. Macchia Nera Concept Bike

bersodagembira.blogspot.com
Harga: 150.000 euro (Rp 2.357.626.162)
Dari namanya sudah diketahui asal usulnya. Motor ini menggunakan mesin Ducati 998RS. Merupakan karya para perancang dan insinyur Italia yang ingin menciptakan motor dengan teknologi sangat hebat, ringan dan mahal. Tujuannya untuk menjadikan motor ini sebagai the ultimate track bike dengan konsep: indah-sederhana dan sederhana-indah.

4. MTT Gas Turbine Superbike

bersodagembira.blogspot.com
Harga: 175.000 dollar AS (110.000 euro; Rp 1.728.925.852)
Inilah moge yang memulai popularitasnya dari Hollywood! Bagi yang suka dan pernah menonton film Torque pasti sudah melihatnya. Ya… itulah MTT Gas Turbin Superbike.

5. MV Agusta F4 CC

bersodagembira.blogspot.com
Harga: 100.000 euro (Rp 1.571.750.775)
Sepeda motor ini dirancang sendiri oleh Claudio Castiglioni, Direktur MV Agusta, Varese Italia. Ia ingin menciptakan sepeda motor spektakuler untuk memenuhi strategi pemasaran sembari membuat versi yang benar-benar khusus dan unik.

PEMUDA LENGAN TERBESAR DI DUNIA

Seorang pemuda berketurunan Mesir, Moustafa Ismail yang tinggal di sini dipercayai memiliki lengan paling besar di dunia.
Ukur lilit lengan Moustafa yang berusia 24 tahun itu ialah 79 sentimeter.
Pemuda itu makan tiga kilogram (kg) protein, 4.08kg karbohidrat dan minum air sebanyak 11.35 liter pada setiap hari .
Pihak Guinness World Records kini menimbang sama ada akan mengiktiraf Moustafa sebagai pemilik lengan terbesar di dunia.
“Mereka (penduduk) memanggil saya Popeye, Popeye Mesir.
“Bagaimanapun, tidak seperti watak kartun Popeye, saya suka makan ayam, daging dan apa jua makanan kecuali bayam,” katanya.
Dia juga mengambil vitamin dan makanan tambahan lain.
Moustafa juga sukar untuk mencari baju yang sesuai dengan tubuhnya.
Dia mula berusaha untuk memperoleh bentuk lengan itu di bandar kelahirannya, Alexandria di Mesir sebelum berpindah ke Amerika Syarikat pada 2007 dan menetap di Franklin, barat daya Boston.
Moustafa melakukan senaman angkat berat selama dua jam hampir setiap hari.
Pemuda itu pernah mengangkat bebanan seberat 272kg.
Dia sanggup melakukan dua pekerjaan termasuk sebagai pembantu di sebuah stesen minyak untuk membiayai senamannya di sebuah pusat kecergasan dan makanannya.

Namun, isterinya meminta dia meninggalkan salah satu pekerjaan kerana menganggap suaminya itu bekerja terlalu keras.
Pihak Guinness kemudian menghubunginya dengan menawarkan pemuda itu lawatan ke London, Britain untuk muncul bersama beberapa pemegang pelbagai rekod dunia termasuk wanita paling kecil di dunia.
Moustafa memenuhi undangan itu.
Bagaimanapun, kontroversi muncul kerana terdapat dakwaan di internet bahawa dia menggunakan dadah steroid dan menanam implan pada lengannya.
Beberapa pihak lain mendakwa, dia menyuntik minyak synthol yang digunakan oleh ahli bina badan.
Dia pernah pergi ke Tokyo untuk muncul dalam program dokumentari stesen televisyen Fuji yang menunjukkan beberapa doktor mengambil sampel darah manakala ototnya turut menjalani ujian X-ray.
Doktor-doktor itu bagaimanapun tidak menemui sebarang bahan terlarang dalam tubuhnya.
Namun, pihak Guinness mengeluarkan nama Moustafa dalam laman webnya.
Jurucakap Guinness, Sara Wilcox berkata pada Oktober lalu, pihaknya masih melakukan penyelidikan dengan pakar-pakar perubatan berhubung kes Moustafa sebelum mengiktiraf lengannya. – Kosmo

7 KEAJAIBAN LAUT DI DUNIA

 Great Blue Hole adalah lubang runtuhan bawah air di lepas pantai Belize. Lubang itu terletak di dekat pusat Karang Lighthouse, sebuah atol kecil yang berjarak 70 kilometer (43 mil) dari daratan dan Belize City. Lubang dalam bentuk melingkar, lebih dari 300 m (984 kaki) di seluruh dan dalam 125 m (407 kaki). Lubang ini terbentuk selama beberapa peristiwa glasiasi Kuarter ketika permukaan air laut jauh lebih rendah - analisa penemuan stalaktit di Great Blue Hole menunjukkan formasi yang telah terjadi 153.000, 66.000, 60.000, dan 15.000 tahun yang lalu. Sebagai laut yang mulai muncul kembali, gua-guanya tergenang. Great Blue Hole adalah bagian dari Sistem Cagar Karang Penghalang Belize yang lebih besar, sebagai Situs Warisan Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam bidang Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB (UNESCO). 
 Laut yang membatasi benua Afrika dan Asia, dan termasuk laut dengan tingkat kadar garam tertinggi di dunia. Kedalaman laut ini mencapai 2.500 meter. Seorang arkeologi menemukan beberapa bangkai kereta tempur kuno dan manusia menurutnya merupakan bangkai kereta firaun saat mengejar musa. 


4 GOL DALAM 15 MENIT 2015



Striker Rayo Vallecano Alberto Bueno menorehkan catatan spesial saat ia mencetak empat gol ke gawang Levante pada laga hari Sabtu (28/2) malam.
Tiga gol pertama pemain berusia 26 tahun tersebut merupakan hat-trick yang sempurna, menggunakan kaki kiri, kanan dan sebuah sundulan kepala yang kemudian dilengkapi dengan gol keempat, dan dicetak dalam satu babak yang sama tanpa disela oleh gol pemain lain sebelumnya.
Cukup jarang kita menyaksikan seorang pemain bisa mencetak hat-trick bahkan empat gol sekaligus dalam satu babak saja.
Pemain terakhir yang pernah melakukannya adalah striker Real MadridCristiano Ronaldo, yang mencetak tiga gol di babak kedua saat menghadapi Getafe di musim 2012/2013.
Namun Bueno tentu saja lebih baik karena mencetak empat gol dalam 15 menit, dan baik Ronaldo atau Messi belum pernah sekalipun melakukannya dalam satu babak sekaligus seperti Bueno.
Satu-satunya pemain yang lebih baik dari Bueno adalah Ole Gunnar Solskjaer, yang mencetak empat gol dalam waktu 10 menit saat Manchester United menang 8-1 atas Nottingham Forest pada tahun 1999.
Yang lebih mengejutkan, Bueno sebelumnya tidak pernah memiliki reputasi sebagai pemain yang bisa mencetak banyak gol dimana terakhir kali ia mencetak hat-trick adalah saat masih menjadi pemain akademi di Real Madrid.
"Saya sangat gembira karena belum pernah mencetak tiga gol sebelumnya sebagai pemain profesional jadi bisa dibayangkan bagaimana rasanya ketika saya bisa mencetak empat gol," ujar Bueno.
"Dua tahun bersama Rayo saya berada dalam performa yang baik dan berharap bisa terus berkembang."

1 MARET PENCETUS PIALA DUNIA

Sejarah Hari Ini (1 Maret): Sang Pencetus Piala Dunia Terpilih Jadi Presiden FIFA
1 Maret 1921 atau tepat 94 tahun yang lalu, seorang pengacara asal Prancis, Jules Rimet, terpilih menjadi presiden FIFA ketiga.
Rimet bukanlah sembarang orang di dunia sepakbola. Pria asal Prancis itu bukan hanya sebagai orang yang terlibat dalam pendirian FIFA, tetapi yang paling dikenang adalah usulannya untuk membuat turnamen antarnegara. Nantinya, turnamen tersebut berkembang menjadi ajang sepakbola paling prestisius di dunia. Piala Dunia adalah nama turnamen itu.
Ya, Rimet memunculkan ide untuk menyelenggarakan Piala Dunia tersebut semasa ia menjabat sebagai presiden FIFA. Usulan itu ia ajukan pada 1928 dan baru terealisasi dua tahun kemudian di mana Piala Dunia pertama kali, Piala Dunia 1930, digelar di Uruguay. Atas jasanya itu, trofi Piala Dunia diberi nama Piala Jules Rimet sebagai penghormatan baginya.
Jauh sebelum usulan Piala Dunia tersebut diterima, Rimet bersama beberapa rekannya berinisiatif untuk mendirikan organisasi yang memayungi sepakbola di seluruh dunia. FIFA pun lahir pada tahun 1904. Kompatriotnya, Robert Guerin, terpilih menjadi presiden FIFA pertama selama dua tahun sebelum digantikan oleh Daniel Woolfal.
Rimet sendiri punya jabatan sebagai presiden Federasi Sepakbola Prancis (FFF) sejak tahun 1919 sebelum terpilih menjadi presiden FIFA dua tahun berikutnya menggantikan Woolfal. Dua jabatan ini ia lakoni secara bebarengan selama 20 tahun ke depan hingga ia memutuskan pensiun sebagai presiden FFF pada 1942 namun tetap melanjutkan jabatannya di FIFA hingga 1954.
Masa jabatannya selama 33 tahun ini menjadikan Rimet sebagai presiden terlama FIFA sepanjang sejarah. Joao Havelange (1974-1998) berada di bawahnya dengan waktu berkuasa selama 24 tahun. Selama kurun waktu lebih dari tiga dekade itu, Rimet juga menambah anggota FIFA dari yang tadinya hanya 12 orang menjadi 85 orang di akhir jabatannya.
Pada 1956, atau dua tahun usai melepaskan jabatannya sebagai presiden FIFA, Rimet meninggal dunia yang terjadi hanya dua hari setelah hari ulang tahunnya yang ke-83.

DAVID DE GEA "KIPER 4 MILYAR PER MINGGU" SE DUNIA

Kiper dengan Gaji Termahal di Dunia
Kiper yang disukai Real Madrid, Barcelona dan Chelsea ini menerima gaji hampir Rp4 miliar per pekannya.
Ia juga akan menjadi penjaga gawang masa depan Timnas Spanyol.

PERBAIKAN MOTOR I

  1. Jika bahan bakar habis, segera isi kembali
  2. Jika tangki bocor atau kotor maka lakukan penambalan atau bersihkan tangki bahan bakar
  3. Jika aliran pipa kran tersumbat, maka buka kran tangki bahan bakar, bersihkan kotoran atau kerak yang menempel pada pipa kran.
  4. Jika kran bensin tersumbat maka bersihkanlah jika filter terlihat kusam disarankan untuk membeli yang baru.
Meteran bahan bakar mati
Kemungkinan disebabkan oleh :
  1. Aki lemah
  2. Pelampung rusak
  3. Kabel putus
  4. Pelampung unit kontrol/sensor tinggi bahan bakar rusak
Solusi kasus meteran bahan bakar mati
  1. Periksa tegangan aki, jika jarum penunjuk voltmeter tidak stabil, kemungkinan pengisian aki tidak sempurna atau aki rusak, maka perbaiki sambungan kabel aki, jika aki soak segera dicas ulang di tukang aki atau diganti
  2. Periksa kabel sensor tinggi permukaan bahan bakar, jika putus atau kotor, maka sambungkan lalu bersihkan
  3. Jika unit atau sensor ketinggian bahan bakar pelampungnya rusak, maka ganti pelampung per pelampung pada tangki bahar bakar
Suara motor tersendat dan sesekali mati
Kemungkinan disebabkan oleh :
  1. Karburator banjir
  2. Jarum pelampung tidak tepat
  3. Penyetelan lidah pelampung terlalu rendah
Solusi kasus suara motor tersendat-sendat
  1. Pada karburator banjir, periksa keasuan jarum pelampung, jika sudah usang atau yang mengakibatkan penutup jarum tidak rapat maka jarum pelampus tersebut harus segera diganti yang baru. Jika jarum miring, maka pasang kembali jarum dengan benar.
  2. Jika penyetelan lidah pelampung terlalu rendah, maka setel lidah dengan tepat kemudian bersihkan karburator.
Karburator cepat kotor
Kasus ini disebabkan oleh udara yang masuk ke dalam saringan udara atau disebabkan karena tangki bensin kotor dengan bahan bakar campuran
Solusi kasus karburator cepat kotor
  1. Periksa saringan udara kotor, maka bersihkan saringan udara dari kotak saringan udara
  2. Jika tangki bensin kotor maka bersihkan tangki kotor
Mesin kurang stabil pada putaran stasionernya
Kemungkinan disebabkan oleh :
  1. Jarak kereggangan busi
  2. Setelan kerenggangan katup terlalu  kencang
  3. Karburator tersumbat atau setelan karburator kurang tepat
  4. Spull atau CDI lemah
Solusi kasus mesin kurang stabil pada putaran stationernya
  1. Periksa jarak kereggangan busi, jika terlalu renggang maka rapatkan kerenggangan busi
  2. Periksa setelan karburator. Jika kurang tepat maka setel sekrup udara pada karburator sampai perbandingan udara dan bahan bakar sesuai
  3. Jika langkah no 1 dan 2 baik-baik saja, maka setelan klep kurang tepat, maka setel ulang kerenggangan klep
Mesin berhenti saat melaju cepat
Kemungkinan disebabkan oleh :
  1. Bahan bakar habis
  2. Busi mati
  3. Koil Mati
  4. Setelan karburator kurang tepat
Solusi kasus mesin berhenti saat melaju cepat
  1. Periksa tangki bensin untuk mengecek bahan bakar
  2. Periksa percikan api busi, jika lemah maka bersihkan busi atau ganti dengan yang baru
  3. Periksa keadaan koil, jika koil sangat panas, maka jika koil lemah dan terbakar segera ganti baru
  4. Jika setelan kurang tepat, maka setel sekrup udara pada karburator hingga perbandingan udara dan bahan bakar sesuai. Lalu setel ulang semua komponen karburator
Terdengar suara yang berlebihan di kepala silinder
Kemungkinan disebabkan oleh :
  1. Setelan klep terlalu renggang
  2. Pelatuk klep aus
  3. Pegas klep patah
  4. Rantai keteng kendor
Solusi kasus suara yang berlebihan di kepala silinder
  1. Periksa kerenggangan klep, jika tidak tepat setelan klep terlalu renggang dapat menimbulkan suara menggelitik pada kepala silinder, maka setel ulang kerenggangan klep
  2. Periksa rantai keteng kendor, maka setel ulang rantai keteng, jika rusak segera ganti baru
  3. Jika langkah 1 dan 2 tidak ada kerusakan, maka kemungkinan pelatuk klep dan per klep aus atau rusak, maka pelatuk atau per klep yang sudah aus atau rusak segera ganti baru
Starter loss
Kemungkinan disebabkan oleh :
  1. Setelan kopling terlalu keras(kopling otomatis)
  2. Gigi starter aus
  3. As gigi kick starte aus
  4. Pelat kopling slip
Solusi kasus starter loss
  1. Pada motor bebek, periksa setelan kopling yang ada pada blok mesin kanan. Kendorkan setelan kopling lalu selah dengan kick starter
  2. Periksa gigi dan as starter, jika rusak atau aus, maka ganti starter dan as
  3. Jika gigi dan as starter normal, maka ganti pelat kopling atau kampas kopling yang menyebabkan slip kopling
Knalpot berasap
Kemungkinan disebabkan oleh :
  1. Kerusakan pada klep
  2. Kerusakan pada seher
Solusi kasus knalpot berasap
  1. Periksa bosh klep, kepala klep dan posisi dudukan klep. Jika tidak normal, ganti bosh dan kepala klep maka gantilah dengan yang baru. Sedangkan untuk klep yang kotor, cukup bersihkan dengan bensin
  2. Jika kerusakan terdapat pada seher yang kendor atau ring seher dan silinder yang telah aus, maka seher dan ring yang rusak harus diganti dengan seher yang lebih besar diameternya dan ukuran silinder pun harus diperlebar
Asap knalpot hitam
Kemungkinan disebabkan adanya pembakaran yang kurang sempurna dan campuran gas yang terlalu banyak pada karburator
Solusi kasus asap knalpot hitam
  1. Periksa campuran bensin dalam karburator, jika campuran gas dan udara terlalu banyak, maka setel ulang karburator
  2. Periksa keadaan busi, jika terdapat kerak segera bersihkan
  3. Jika masih hitam maka sebaiknya segera bawa ke bengkel terdekat untuk pembongkaran mesin Suara knalpot nembak-nembak
Kemungkinan disebabkan oleh :
  1. Pasokan udara yang terlalu irit atau boros
  2. Kualitas bensin kurang baik
  3. Pasokan bensin terhambat
  4. Kerenggangan busi tidak sesuai
Solusi kasus suara knalpot nembak-nembak
1. Periksa pasokan udara karburator, jika terlalu sedikit atau boros, maka setel ulang udara di karburator dan bersihkan filter bensinnya
2. Periksa kualitas bensin, jika buruk maka kuras tangki bensin dan gunakan bensin yang berkualitas baik
3. Kerenggangan busi yang tidak sesuai maka setel kembali businya, ganti kabel businya jika cacat atau bersihkan kotoran di cangklong kabel busi
Getaran berlebihan pada pijakan kaki (footstep)
Getaran berlebihan yang terjadi di footstep dirasakan saat ngebut hingga kaki menjadi kesemutan
Solusi kasus getaran berlebihan pada footstep
  1. Periksa baut pada dudukan footstep
  2. Periksa bos di swing arm sudah aus, maka ganti bos di swing arm dan kencangkan baut swing arm dengan benar
  3. Periksa rantai roda, jika tidak sejajar, segera perbaiki
Pagi hari motor tidak dapat distarter
Kasus ini disebabkan oleh campuran gas berlebih/kurang
Solusi kasus pagi hari motor tidak dapat distarter
  1. Periksa aliran bahan bakar jika terdapat kandungan minyak tanah, maka bersihkan tangki dari kotoran atau bersihkan filter bensin, lalu ganti dengan bahan bakar yang baru
  2. Periksa koil jika terbakar maka gantilah koil dengan yang baru
  3. Handle kopling berat
  4. Kasus ini disebabkan oleh kabel kopling dan stuf pengangkat kopling
Solusi kasus handle kopling berat
  1. Periksa kabel kopling dengan cara menarik handle, jika berkarat atau putus maka lumasi kabel kopling dengan oli dan ganti kabel jika putus. Lalu setel jarak main handle kopling
  2. Periksa stut kopling, jika kotoran yang disebabkan oli yang terlalu encer, segera bersihkan
Handle sulit lepas
Kopling sulit lepas disebabkan masalah pada kabel kopling, pelat kopling dan bearing kopling
Solusi kasus kopling sulit lepas
  1. ­Periksa kabel kopling, jika kotor atau beberapa serat kabel putus. Maka ganti kabel kopling yang rusak, jika kotor cukup bersihkan dan lumasi dengan oli
  2. Jika kabel kopling normal, maka periksa pelat dan bearing koplingnya. Bersihkan pelat kopling, ganti bearing kopling yang kocak
Kopling slip
Kopling slip disebabkan masalah pada kabel kopling, kampas kopling dan pelat kopling
Solusi kasus kopling slip
Periksa kampas kopling dan pelat kopling, jika sudah rusak maka segera ganti dengan yang baru
Gigi transmisi sulit dipindahkan
Kemungkinan disebabkan oleh kerusakan pada komponen mekanisme pemindahan gigi dan gigi transmisi Solusi kasus gigi transmisi sulit dipindahkan
  1. Periksa garpu pemindah transmisi dan alur tabung pemindah transmisi tidak normal maka sebaiknya ganti yang baru
  2. Periksa gigi transmisi. Jika sudah aus, maka ganti gigi transmisi yang aus
Setelan gas membesar sendiri
Kasus ini disebabkan karena kabel gas keseringan kemasukkan air
Solusi kasus gas membesar sendiri
  1. Periksa keadaan kabel gas, jika kotor, bersihkan kabel dengan pelumas. Sedangkan jika kabel serabutnya terputus, maka ganti yang baru
  2. Periksa pipa gas tangan, jika putaran gas sulit kembali, maka ganti pipa tangan dengan yang baru
Kemudi stang terasa berat
Kasus ini disebabkan oleh :
  1. Tekanan ban depan kurang
  2. Mur poros terlalu kencang
  3. Bearing stir pecah
  4. As stir bengkok
Solusi kasus kemudi stang terasa berat
  1. Periksa tekanan ban, jika kurang segera pompa
  2. Kendurkan mur kemudi, lalu coba gerakkan stang ke kiri-kanan
  3. Jika masih berat maka periksa bearing dan as stang. Jika bearing rusak atau pecah, segera ganti yang baru. Jika as rusak dapat diluruskan dengan cara dipanasi atau ditekan
Roda depan dan belakang tidak segaris
Kemungkinan disebabkan oleh :
  1. Selongsong bawah garpu depan bengkok
  2. Poros depan bengkok
  3. Roda tidak dipasang dengan benar
  4. Bantalan kepala kemudi tidak baik
  5. Kaki kanan/kiri garpu depan tidak dipasang sama tinggi
  6. Jumlah minyak di dalam masing-masing pipa garpu tidak sama
  7. Bantalan roda aus
  8. Komponen-komponen engsel lengan ayun aus
  9. Rangka bengkok
Solusi kasus roda depan dan belakang tidak segaris
  1. Periksa garpu depan dan poros depan, jika selongsong bawah garpu depan dan poros depan bengkok, maka luruskan di bengkel pengepresan
  2. Periksa bantalan kepala kemudi, jika rusak maka perbaiki bantalan kemudi
  3. Periksa bantalan kepala kemudi, kaki kanan dan kiri tidak sama tinggi. Jumlah minyak masing-masing garpu tidak sama, maka pasang sama tinggi kaki garpu dan isi minyak dengan ukuran sama
Suspensi depan terlalu keras
Kemungkinan disebabkan oleh :
  1. Seal shock bocor
  2. Per shock breaker rapat
  3. As shock bengkok
Solusi kasus suspensi depan terlalu keras
  1. Periksa tabung suspensi, jika ada oli yang keluar dari tabung suspensi depan, maka gantilah seal shock depan
  2. Periksa oli di dalam tabung shock breaker, jika terlalu encer maka segera ganti oli shock breakernya
  3. Periksa per dan as. Per yang sudah rapat maka harus diganti. Jika as bengkok maka dapat diluruskan kembali.
3.
Roda goyang
Kemungkinan dapat disebabkan oleh:
  1. Mur as roda kurang kencang
  2. Bearing as roda kocak
  3. Velg roda tidak normal
  4. As roda bengkok
  5. Jari-jari roda patah
Solusi kasus roda goyang
  1. Periksa kekencangan mur pada as roda
  2. Periksa jari-jari roda
  3. Lepaskan roda lalu periksa bearing dan as roda, jika rusak atau pecah, gantilah yang baru
  4. Periksa velg roda, jika bengkok maka bisa dibetulkan sebaiknya oleh ahlinya
Suspensi Belakang terlalu keras
Kemungkinan dapat disebabkan oleh:
  1. Penyetelan suspensi yang kurang tepat
  2. Poros engsel lengan ayun bengkok
  3. Bos engkel lengan ayun rusak
  4. Tangkai peredam kejut bengkok
  5. Tekanan udara ban terlalu tinggi
Solusi kasus suspensi belakang terlalu keras
  1. Periksa tekanan ban dan normalkan tekanannya
  2. Periksa tangkai peredam kejut, jika bengkok , maka sebaiknya diganti
  3. Periksa poros dan bos engsel, jika bengkok atau rusak sebaiknya diganti