uwow

total visitor

SIP

SIP


selamat datang di my blogger candra-cahaya.blogspot.com
^_^ selamat membaca ^_^ selamat meliat ^_^

foto fresh

foto fresh
^_^ selamat datang ^_^


Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese
English French German Spain Italian Dutch

BAHASA INTERNASIONAL,B INGGRIS

Britania merupakan kerajaan yang aktif membentuk koloni.
Terutama setelah Christopher Columbus menemukan Benua Amerika, para penjelajah Inggris pun tak ketinggalan untuk melakukan penjelajahan mencari barang-barang berharga.
Nah, untuk menjamin keberlangsungan perdagangan yang mereka lakukan, Inggris pun membentuk koloni. Koloni paling sukses yang dibuat Inggris di Amerika adalah di Jamewstown (Virginia) pada tahun 1607.
Tidak hanya itu, koloni Inggris pun menyebar ke timur jauh seperti di India dimana mereka menemukan bahan-bahan seperti teh, garam, sutra, dan rempah-rempah. Australia pun juga tak ketinggalan menjadi koloni tempat hukuman bagi tahanan-tahanan Inggris.
Koloni Inggris ini terus bertambah di banyak wilayah seperti di Asia, Afrika, dan Amerika Utara, membentang hampir di seluruh dunia.
Orang-orang Inggris yang kemudian tinggal atau bertugas di daerah koloni membawa serta Bahasa Inggris bersama mereka. Para pedagang dari negara lain memandang bahwa mempelajari Bahasa Inggris sangat menguntungkan untuk mengembangkan jaringan dagang dan melakukan bisnis dengan orang Inggris.
Pada abad 19 Inggris pun menjadi negara kolonial yang besar. Meskipun koloni-koloni Inggris pada akhirnya menjadi negara merdeka, tetapi banyak dari negara bekas koloni Inggris itu menjadikan Inggris sebagai bahasa resmi mereka.
Pada abad ke-20, Amerika Serikat muncul sebagai negara superpower dengan kekuatan militer dan ekonomi terbesar di dunia.
Oleh karena itu, Bahasa Inggris berlanjut digunakan dalam ranah edukasi, ekonomi, politik, budaya, ilmu pengetahuan, dan teknologi informasi serta komunikasi.
Bahasa Inggris diterima sebagai bahasa internasional utama karena penggunaannya yang luas dan karena besarnya jumlah negara-negara yang melakukan perdagangan yang menggunakan Inggris sebagai bahasa pertama.
Berdasarkan perjanjian internasional, disepakati bahwa Inggris merupakan bahasa resmi untuk komunikasi penerbangan dan pelayaran. Selain itu, Inggris juga merupakan satu dari bahasa resmi di Perserikatan Bangsa-Bangsa dan organisasi internasional lainnya termasukInternational Olympic Committee.
Bila kamu ingin tahu lebih rinci mengenai sejarah mengapa Inggris menjadi bahasa global, kamu bisa baca buku English as Global Language yang ditulis oleh David Crystal dan diterbitkan oleh Cambridge University Press atau buku How English Became The Global Language oleh David Northrup yang diterbitkan oleh Palgrave/Macmillan.