uwow

total visitor

SIP

SIP


selamat datang di my blogger candra-cahaya.blogspot.com
^_^ selamat membaca ^_^ selamat meliat ^_^

foto fresh

foto fresh
^_^ selamat datang ^_^


Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese
English French German Spain Italian Dutch

JUPITER Z 2003-2006

YAMAHA JUPITER Z 2003 - 2006


Jupiter Z Cast Wheel

MESIN

Tipe Mesin
5TP, 4 Langkah, SOHC, 2 Klep (Berpendingin Udara)
Diameter x Langkah
51.0 x 54.0 mm
Volume Silinder
110,3 CC
Perbandingan Kompresi
9.3 : 1
Power Max
8,8 HP pada putaran 8000 rpm
Torsi Max
(0,92 kgf.M) pada putaran 5000 rpm
Sistem pelumasan
Pelumasan Basah
Kapasitas Oli Mesin
Penggantian Berkala 800cc

Penggantian Total 1000cc
Karburator
Mikuni VM 17 x 1, Setelan Pilot Screw 1-3,8 putaran keluar
Putaran Langsam mesin
1.500 rpm
Saringan Udara Mesin
Tipe kering
Sistem Starter
Motor Starter dan Starter Engkol
Tipe Transmisi
Tipe ROTARY 4 Kecepatan (N-1-2-3-4-N)

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi
1.910 mm x 680 mm x 1.045 mm
Tinggi Tempat Duduk
760 mm
Jarak Sumbu Roda
1.230 mm
Jarak Terendah ke Tanah
140 mm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar
Berat kosong
4,2 Liter
99 kg


RANGKA

Tipe Rangka
Pipa "Under-bone"
Suspensi Depan
Telescopic
Suspensi Belakang
Lengan Ayun
Rem Depan
Cakram Tunggal 220 mm
Rem Belakang
Tromol dengan Bahan "Non Asbestos" O 130mm
Ban Depan
70/90 - 17,38P (dengan ban dalam)
Ban Belakang
Velg
80/90 - 17,44P (dengan ban dalam)
Spoke Wheel (SW)/Casting Wheel (CW)
Ukuran Rantai
428


KELISTRIKAN

Lampu Depan
12 Volt, 32 W / 32 W (2 bh)
Lampu Sein Depan
12 Volt, 10 W x 2 buah
Lampu Sein Belakang
12 Volt, 10 W x 2 buah
Lampu Rem
12 Volt, 5 W / 21 W x 1 buah
Battery
GM5Z - 3B / YB 5L-B 12 Volt 5,0 Ah
Busi / Spark Plug
NGK C6-HSA / DENSO U 20 FS-U
Sistem Pengapian
DC CDI


KETERANGAN

Salah satu motor bebek favorit kaula muda pada masanya, dengan mesin berkubikasi 110 cc motor ini diklaim mampu menyemburkan power mesin 8.8 hp pada 8000 rpm dan torsi 0.92 kgf.m pada 5000 rpm. Teknologi apa yang membuat mesin motor ini terbilang powerfull dengan kubikasi 110 cc?.
Jupiter Z Spoke Wheel


Pertama, motor ini mengadopsi teknologi pendinginan piston ala Yamaha YZF-R1yang disebut piston cooler. Dimana, pendingin piston bekerja dengan cara injeksi yang menyemprotkan oli ke piston agar suhunya tetap ideal.Kerja injeksi menggunakan nosel yang segaris dengan kruk as untuk menyemburkan pelumas ke piston. Semprotan dilakukan pompa oli secara simultan saat piston melakukan langkah kompresi maupun dekompresi. Agar nosel injeksi menyemburkan tekanan oli kuat ke piston, pabrikan Yamaha memodifikasi pompa oli Jupiter Z dengan mengubah roda gear dan lebar pompa lebih besar. Sistem piston cooler lebih sempurna dibantu terpaan angin membuat suhu mesin turun hingga 20 persen.Gesekan piston di liner silinder lebih lancar, suara mesin lebih halus. Hasilnya, berdampak ke bearing kruk as, connecting rod, dan pin piston yang lebih awet. Risiko piston macet atau dinding liner silinder tergores dapat diminimalkan. (merdeka.com)

Kedua, kampas kopling jupiter z awal dengan kode 5TN maupun 5TP merupakan kampas kopling yang mempunyai kualitas kompetisi. Banyak digunakan di balap motor (road race) antara lain tim-tim balap Malaysia karena diklaim irit dalam penggunaannya. Sekali latihan kondisi kampas tetap utuh. (tabloid motorplus)

Jupiter Z terbagi kedalam dua varian yang berbeda yaitu, tipe spoke wheel (velg jari-jari) dan tipe cast wheel (velg palang/racing). Yang membedakan keduanya selain penggunaan velg adalah perpaduan warna dan pengaplikasian lampu rem belakang model LED (light emitting diode) pada tipe cast wheel.


Console Speedometer Jupiter Z


Lampu Belakang Jupiter Z CW


Lampu Belakang Jupiter Z SW